Tak berkerudung saat bertemu Raja Salman, Melania Trump dikritik

Minggu, 21 Mei 2017 17:18 Reporter : Pandasurya Wijaya
Tak berkerudung saat bertemu Raja Salman, Melania Trump dikritik trump dan istrinya tiba di saudi. ©AP

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan istrinya Melania kemarin tiba di Bandara Internasional Raja Khalid, Ibu Kota Riyadh, Arab Saudi dalam kunjungan kenegaraan.

Melania terlihat tidak memakai kerudung saat akan menjumpai Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Rambut coklat panjangnya terlihat tertiup angin seraya dia berjalan menuruni tangga pesawat bersama Trump.

Saudi selama ini masih menerapkan aturan ketat bagi perempuan dengan mengharuskan mereka memakai pakaian berwarna hitam yang menutupi seluruh bagian tubuh, kecuali mata.

Meski begitu bagi perempuan asing, kerudung memang tidak diharuskan dan wanita Barat kebanyakan memang tidak memakainya ketika di Saudi. Michelle Obama, ibu negara sebelumnya juga pernah tidak berkerudung ketika bertemu Raja Abdullah di Saudi bersama Barack Obama pada 2015.

Yang cukup unik, ketika Michelle tidak memakai kerudung saat di Saudi, Trump pernah mengkritiknya dalam akun Twitter.

"Banyak orang bilang bagus Nyonya Obama menolak memakai kerudung di Arab Saudi, tapi mereka merasa (Saudi) dilecehkan. Kita sudah cukup punya banyak musuh," ujar kicauan Trump pada 29 Januari 2015.

Menurut stasiun televisi ABC News, Menteri Luar Negeri Saudi Adel Bin Ahmen Al-Jubier mengatakan kepada media lokal, mereka menerima kedatangan Trump dengan gaya pakaian apa pun. Dia bilang pemerintahnya tidak menuntut tamunya tapi hanya menyarankan agar tamu wanita memakai kerudung.

Di media sosial, keputusan Melania yang tidak memakai kerudung itu mendapat beragam tanggapan. Sebagian memaklumi karena dia mantan model, sebagian lain mengkritik.

Sebelumnya Perdana Menteri inggris Theresa May dan Kanselir Jerman Angela Merkel juga tidak memakai kerudung ketika melawat ke Saudi. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini