Singapura Tergeser, Ini Negara Dengan Paspor Terkuat di Dunia

Rabu, 5 Desember 2018 15:39 Reporter : Ira Astiana
Singapura Tergeser, Ini Negara Dengan Paspor Terkuat di Dunia Ilustrasi paspor. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Singapura kini tak lagi menjadi negara pemilik paspor terkuat di dunia. Posisi tersebut digantikan oleh Uni Emirat Arab, yang kini dinobatkan sebagai paspor terkuat di dunia berdasarkan Indeks Paspor 2018.

Perusahaan global Arton Capital Passport Index menentukan peringkat ini berdasarkan akses lintas batas yang dibawa oleh dokumen perjalanan tersebut, jumlah bebas visa dari negara yang bisa dikunjungi pemegang paspor, dan juga visa kedatangannya.

"Dalam peringkat tahun ini, paspor UEA memperoleh skor 167. Pemegang paspor UEA bisa mengunjungi 113 negara bebas visa dan 54 negara dengan visa pada saat kedatangan," demikian laporan Arton Capital Passport Index, sebagaimana dilansir Asia One, Rabu (5/12).

"Singapura tertinggal dengan perolehan skor 166 karena negara tersebut memberikan perjalanan bebas visa ke 127 negara dan ada 39 negara di mana pemegangnya memerlukan visa kedatangan," tambah laporan tersebut.

Di peringkat ketiga, ada Jerman yang juga memperoleh skor 166, karena negara tersebut hanya diberikan perjalanan bebas visa ke 126 negara.

Paspor Singapura juga berada di posisi kedua dalam pembaruan kuartal keempat dikeluarkan oleh Henley Passport Index yang dirilis pada bulan Oktober lalu. Dalam peringkat itu, Jepang menempati posisi ke-13 dari Indeks Paspor 2018. [ias]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini