Puasa di Luar Angkasa, Bagaimana Caranya? Ini Kata Astronot Muslim yang Menjalaninya

Kamis, 23 Maret 2023 11:23 Reporter : Merdeka
Puasa di Luar Angkasa, Bagaimana Caranya? Ini Kata Astronot Muslim yang Menjalaninya Sultan Al Neyadi. ©Reuters

Merdeka.com - Bulan Ramadan telah tiba, jutaan masyarakat muslim di dunia kini sedang menjalankan ibadah puasa. Lamanya waktu berpuasa ditentukan dari waktu matahari terbit hingga matahari tenggelam. Oleh sebab itu, setiap masyarakat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa dengan durasi yang berbeda-beda.

Lalu bagaimana dengan orang Islam muslim yang menjalankan ibadah puasa di angkasa? Berapa lama para astronot muslim berpuasa saat menjalankan tugasnya di angkasa?

Sultan Al Neyadi, seorang astronot muslim asal Uni Emirat Arab yang bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berbagi pengalamannya berpuasa di luar angkasa.

Al Neyadi menjelaskan perjalanannya ke angkasa membuatnya menjadi seorang musafir, dan hal tersebut memperbolehkannya untuk menjalankan puasa sesuai waktu bumi.

“Puasa tidak wajib apabila kamu tidak merasa sehat, apalagi jika kamu sedang berada dalam keadaan yang dapat membahayakan misimu dan astronot lainnya” tambahnya. Bagaimanapun, ia tetap ingin menjalankan puasa dengan kesempatan yang dia miliki.

2 dari 3 halaman

Puasa di luar angkasa bukan hal baru

Dalam jumpa pers di Dubai Februari lalu dia mengatakan dirinya bisa saja berpuasa mengikuti waktu GMT yang digunakan sebagai patokan waktu di luar angkasa.

“Berpuasa itu menyehatkan, apabila ada kesempatan untuk berpuasa maka hal itu baik untuk dijalankan,” ujarnya. Ia menambahkan “kita lihat saja bagaimana jalannya nanti.”

Berpuasa di angkasa bukan suatu hal yang baru. Astronot Muslim Malaysia, Sheikh Muszaphar Shukor merupakan astronot muslim pertama yang terbang ke angkasa. Penerbangannya ke angkasa merupakan cikal bakal pengeluaran fatwa mengenai praktik keagamaan di angkasa.

3 dari 3 halaman
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini