KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pria Mesir masih boleh ceraikan istri hanya lewat talak

Selasa, 7 Februari 2017 13:55 Reporter : Ira Astiana
perceraian. shutterstock

Merdeka.com - Otoritas Islam tertinggi Mesir telah mengambil keputusan bulat untuk menolak reformasi aturan perceraian yang diusulkan Presiden Abdul-Fattah al Sisi. Dalam usulannya, Sisi meminta agar perceraian pasangan suami istri Mesir tanpa melalui pengadilan diakhiri.

Usulan tersebut dibuat al Sisi karena berdasarkan laporan, sekitar 40 persen dari pernikahan di Mesir berakhir dengan perceraian meski dengan usia pernikahan di bawah lima tahun. Ulama Al Azhar turut menyatakan keprihatinan terhadap tingginya perceraian di tanah Mesir.

Dengan ditolaknya usulan tersebut, maka pria Mesir tetap bisa menceraikan istrinya hanya melalui ucapan talak. Artinya, laki-laki muslim dapat menceraikan istri mereka tanpa melalui pembenaran hukum atau berkonsultasi dengan pengadilan. Demikian diberitakan harian Independent, Selasa (7/2).

Dalam sebuah pernyataan, Dewan Keagamaan mengatakan bahwa praktik ini tak terbantahkan sejak abad ketujuh. Laki-laki tanpa 'pikiran yang sehat' tidak bisa menceraikan istri mereka.

Keputusan ini tentu memicu kekhawatiran bagi perempuan Mesir yang merasa didiskriminasi dengan aturan perceraian tersebut. Hal tersebut juga diungkapkan oleh kelompok-kelompok pembela hak asasi.

Berdasarkan catatan, hukum status pribadi Mesir masih berat sebelah terhadap perempuan. Selain itu, agresi dan kekerasan terhadap perempuan semakin meningkat sejak gejolak politik yang menurunkan Presiden Husni Mubarak pada 2011 dan Presiden Muhamad Mursi pada 2013.

Survei Thomson Reuters Foundation pada 2013 lalu menunjukkan Mesir berada di peringkat terburuk dari 22 negara-negara Arab dalam memerdekakan hak-hak perempuan. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. Mesir
  2. Perceraian
  3. Jakarta

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.