KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Menteri Keuangan AS hendak pinjam jet militer buat berbulan madu

Kamis, 14 September 2017 16:59 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Steve Mnuchin (kanan) dan istri, Louise Linton (kiri). ©REUTERS/Yuri Gripas

Merdeka.com - Menteri Keuangan Amerika Serikat, Steve Mnuchin, dikabarkan hendak menggunakan pesawat militer buat kepentingan pribadi. Konon dia hendak memakai fasilitas pemerintah itu buat berbulan madu bersama sang istri di Eropa.

Dilansir dari laman The Guardian, Kamis (14/9), penyimpangan itu dipaparkan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan AS. Menurut mereka, Mnuchin meminta menggunakan pesawat milik Angkatan Udara AS buat mengantar dia dan sang istri merupakan mantan aktris asal Inggris, Louise Linton, berbulan madu ke Skotlandia, Prancis, dan Italia pada musim panas tahun ini. Mereka baru menikah Juni lalu. Biaya operasional pesawat itu mencapai USD 25 ribu (sekitar Rp 331 juta) setiap jam.

Juru bicara Kementerian Keuangan AS mengatakan kalau Mnuchin (54) merupakan mantan bankir Goldman Sachs mulanya meminta fasilitas jet militer. Alasannya adalah supaya dia percakapan dia dengan pejabat lain tidak bisa disadap. Sebab, biasanya pesawat militer AS hanya dipakai oleh anggota kabinet berurusan langsung dengan masalah keamanan nasional. Permintaan itu buru-buru dibatalkan dengan alasan ada cara lain buat menghindari penyadapan.

Lantas, sang juru bicara melontarkan dalih lain mengapa Mnuchin mesti menggunakan pesawat militer dalam perjalanan ke luar negeri.

"Menteri juga merupakan anggota Dewan Keamanan Nasional, dan bertanggung jawab atas Kantor Intelijen Keuangan dan Terorisme. Maka perlu ada cara buat mengamankan percakapannya, dan ini adalah cara buat mempertimbangkan pilihan lain demi memastikan dia bisa menjalankan tugasnya selama dalam perjalanan. Termasuk kemungkinan menggunakan pesawat militer," kata juru bicara itu.

Padahal, Mnuchin juga sedang diusut oleh inspektorat jenderal dalam perkara lain. Penyebabnya, dia dan sang istri pergi ke Fort Knox, Negara Bagian Kentucky diduga buat berlibur sekaligus menyaksikan gerhana matahari pada 21 Agustus lalu. Juru bicara Mnuchin berkeras kalau saat itu keduanya pergi dengan dalih menghadiri pertemuan soal reformasi pajak, dan tidak menyaksikan gerhana matahari. Mnuchin berjanji akan mengganti uang negara dipakai buat membiayai perjalanan istrinya ke Fort Knox.

"Kami sedang mengevaluasi kepergian menteri pada 21 Agustus lalu. Hal itu buat menentukan alasan perjalanan dan etika, sekaligus mempertimbangkan soal aturan dan kebijakan kami terapkan," kata Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan AS, Rich Delmar.

Mnuchin dikenal sebagai kawan dekat Presiden AS, Donald Trump. Bahkan, dia pernah tinggal beberapa waktu di Trump International Hotel. Linton adalah istri ketiga Mnuchin. Lelaki itu sebelumnya menikah dan bercera dua kali, yakni denganKathryn Leigh McCarver (1992–1999) dan Heather deForest Crosby (1999–2014). [ary]

Topik berita Terkait:
  1. Amerika Serikat
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.