Korea Utara tebar ancaman buat Amerika

Reporter : Vincent Asido Panggabean | Minggu, 24 Februari 2013 15:21
Korea Utara tebar ancaman buat Amerika
Militer Korea Utara. mirror.co.uk
Merdeka.com - Pemerintah Korea Utara kemarin dikabarkan telah mengeluarkan kecaman dan ancaman kepada komandan militer Amerika Serikat yang ditempatkan di Korea Selatan. Korea Utara menyebut militer Amerika yang bermarkas di Korea Selatan akan menghadapi kehancuran parah jika tetap merencanakan latihan militer dengan pasukan Korea Selatan.

Cara Irit Pererat Pertemanan dengan Jalan-Jalan

Situs asiaone.com melaporkan, Sabtu (23/2), perwakilan Korea Utara untuk gencatan senjata di Wilayah Panmunjom, Pak Rim-su, menyampaikan pesan itu melalui sambungan telepon kepada Komandan Pasukan Amerika di Korea Selatan, Jenderal James Thurman. Tindakan ini juga terbilang langka.

Pernyataan ini keluar di tengah-tengah meningkatnya ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan, setelah negara pimpinan Kim Jong-un itu melakukan uji coba nuklir ketiganya awal bulan ini. Uji coba itu juga menuai kecaman dari dunia internasional.

Korea Utara dan Korea Selatan secara teknis masih terlibat peperangan setelah keduanya hanya setuju gencatan senjata untuk mengakhiri konflik pada 1950-1953, namun bukan melalui perjanjian.

"Bagi siapa saja yang menyulut peperangan, maka dia akan bertemu dengan kehancuran yang sangat menyedihkan," kata Pak, seperti dikutip Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA).

Amerika dan Korea Utara memang secara rutin melakukan latihan militer gabungan. Kedua negara mengatakan hal ini dilakukan semata-mata hanya untuk memperkuat pertahanan. Namun, Korea Utara melihat bentuk latihan itu sebagai persiapan untuk melakukan penyerangan

Korea Utara sebelumnya juga sempat mengancam Korea Selatan dengan menyebut bahwa negeri ginseng itu akan menghadapi kehancuran lantaran ikut serta dalam Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait pelucutan senjata nuklir, pekan lalu.

[fas]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE