Iran Gelar Turnamen Drone Militer dengan Rusia, Armenia, Belarusia

Selasa, 16 Agustus 2022 12:07 Reporter : Pandasurya Wijaya
Iran Gelar Turnamen Drone Militer dengan Rusia, Armenia, Belarusia Ini drone tempur terbaru Iran yang bernama Gaza. ©SEPAH NEWS/IRAN'S REVOLUTIONARY GUARDS WEBSITE/AFP

Merdeka.com - Turnamen pesawat nirawak (drone) militer digelar di Iran diikuti Rusia, Belarusia, dan Armenia.

Stasiun televisi Iran kemarin memperlihatkan cuplikan seremoni acara di Kota Kashan menampilkan puluhan perwakilan dari keempat negara yang berkumpul untuk mengikuti turnamen. Kompetisi drone ini dinilai oleh perwakilan dari keempat negara.

Dilansir laman Aljazeera, Selasa (16/8), turnamen tahunan bertajuk Kompetisi Pesawat Nirawak Falcon Hunting 2022 ini adalah yang ketujuh kalinya diselenggarakan. Pertandingan militer ini pertama kali digelar oleh Rusia pada 2015. Tahun ini yang menjadi panitia adalah Pasukan Garda Revolusi Iran (IRGC) di sebuah kota yang biasa dilakukan uji coba drone.

Ali Balali, penasihat utama divisi dirgantara IRGC yang dipimpin Amir Ali Hajizadeh sekaligus juru bicara turnamen, mengatakan kompetisi ini akan dinilai berdasarkan aksi dan konsistensi wahana drone baik siang maupun malam. Selain itu penilaian juga mencakup kemampuan drone dalam memandu serangan artileri yang akurat.

Lebih dari 70 personel militer yang ambil bagian dalam kompetisi ini juga menjalani uji ketahanan fisik dan menembak. Turnamen ini akan berlangsung hingga 28 Agustus, kata Balali kepada situs pemerintah Tasnim.

Menurut Balali, tujuan kompetisi ini adalah untuk menyampaikan "pesan perdamaian dan persahabatan dari Republik Islam Iran yang ikut serta dalam upaya menghadapi terorisme global" dan saling bertukar pengalaman dan kemampuan militer dalam bidang drone.

Iran juga dilaporkan menggelar dua kategori lain tahun ini, yaitu kompetisi menyelam di Konarak dan penembak jitu di Yazd.

Sebelum turnamen drone ini digelar, Amerika Serikat menyatakan Rusia berencana memberi ratusan drone Iran untuk dipakai dalam perang di Ukraina. Iran membantah tudingan ini.

CNN pekan lalu melaporkan AS meyakini pejabat Rusia sudah melakukan sesi latihan drone militer di Iran. [pan]

Baca juga:
Deretan Pasukan Drone Ukraina yang Siap Intai Rusia
Mengenal Hellfire, Rudal AS yang Tewaskan Pemimpin Al Qaidah Ayman al-Zawahiri
Misteri Seputar Rumah Persembunyian Pemimpin Al Qaidah yang Dibunuh AS
Perang Drone Rusia-Ukraina, Siapa Lebih Unggul?
Ini Drone Tempur Bayraktar TB2 Hasil Patungan Warga untuk Ukraina
Deretan Drone Tempur Iran Diarak Saat Hari Tentara Nasional

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini