Ini Pesan Penting dari Zelenskyy yang akan Disampaikan Jokowi pada Putin

Kamis, 30 Juni 2022 11:39 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Ini Pesan Penting dari Zelenskyy yang akan Disampaikan Jokowi pada Putin Pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina di Istana Maryinsky. ©2022 Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membawa pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada Presiden Rusia Vladimir Putin yang akan ia temui. Jokowi bertemu dengan Zelenskyy pada Rabu (29/6) kemarin di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina.

"Dalam kaitan ini saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya temui segera," kata Jokowi dilihat di youtube sekretariat presiden, Kamis (30/6).

Jokowi menyatakan, posisi dan prinsip Indonesia tegas mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas suatu wilayah.

"Walau masih sangat sulit dicapai saya tetap sampaikan pentingnya penyelesaian damai dan spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur," ucapnya.

Jokowi berterimakasih kepada Zelenskyy sudah menerima kunjungannya dan delegasi terbatas ke Kyiv, di tengah situasi perang.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ungkap Jokowi.

2 dari 2 halaman

Diketahui, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana telah menyelesaikan lawatannya di Ukraina dan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Rabu 29 Juni 2022. Jokowi dan Iriana beserta rombongan terbatas lalu kembali menuju Polandia.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi kembali ke Polandia dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB) dari Stasiun Central Kyiv tepat pukul 19.00 waktu setempat.

Jokowi dan rombongan menuju Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia dan dijadwalkan tiba pada Kamis (30/6).

Dari Stasiun Przemysl Glowny, Jokowi dan rombongan akan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia untuk kemudian melanjutkan lawatannya ke Moskow, Rusia. [ray]

Baca juga:
Ukraina dan Rusia Sepakati Pertukaran Tawanan Terbesar Sejak Perang
Harga Gandum Melonjak Akibat Perang, Jutaan Orang Berisiko Kekurangan Gizi
Momen Bule Gondrong Jaga Ketat Presiden Jokowi di Bandara Polandia
Jokowi Sampaikan Undangan KTT G20 Indonesia ke Presiden Ukraina Zelenskyy
Usai Bertemu Presiden Ukraina Zelenskyy, Jokowi Lanjutkan Perjalanan ke Rusia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini