"Hanya dengan Tembakan, bukan Demo, yang Akan Tumbangkan Militer"

Senin, 7 Juni 2021 07:44 Reporter : Pandasurya Wijaya
"Hanya dengan Tembakan, bukan Demo, yang Akan Tumbangkan Militer" anak muda myanmar latihan militer dengan pemberontak. ©AFP

Merdeka.com - Suara letusan tembakan memecah kesunyian belantara perbatasan Myanmar-Thailand. Sekelompok anak muda di sebelah timur Myanmar tengah menjalani latihan kemiliteran untuk menggulingkan junta militer.

Suara tawa mereka juga terdengar ketika salah satu dari mereka tersentak ke belakang karena hentakan senapan saat menarik pelatuk. Anak-anak muda itu melarikan diri dari kota dan berkumpul di kawasan hutan yang dikuasai pemberontak Myanmar.

"Kami belum pernah mendengar suara tembakan sebelumnya," ujar Min--bukan nama sebenarnya--di sebuah kamp pelatihan di tengah hutan belantara di Negara Bagian Karen yang berbatasan dengan Thailand.

Empat bulan setelah militer mengambil alih kekuasaan dari pemimpin sipil Aung San Suu Kyi, mereka mengaku sudah terbiasa mendengar suara letusan senjata.

Min, 23 tahun, kini yakin dengan kemampuan mereka. "Hanya dengan letusan tembakan--bukan demo--yang akan mengakhiri kediktatoran militer di negara kami," kata dia, seperti dilansir laman Aljazeera, Jumat (4/6).

Demonstran Myanmar banyak merasakan kemarahan yang sama dengan Min dan mereka mencari jalan keluar.

Angka pastinya sulit diketahui, namun sejumlah pengamat memperkirakan ratusan anak muda sudah masuk hutan ke wilayah yang dikuasai pemberontak untuk bergabung dengan mereka dan mengikuti pelatihan militer.

Mantan Ratu Kecantikan Myanmar Htar Htar Htet bulan lalu juga memajang foto dirinya di Facebook berpakaian hitam sambil menyandang senapan serbu.

"Sudah waktunya melawan balik," tulis instruktur olahraga yang mewakili Myanmar dalam ajang Miss Grand International di Thailand beberapa waktu lalu.

mantan ratu kecantikan myanmar htar htet htet angkat senjata lawan junta
©Twitter

Baca Selanjutnya: Berlatih keras...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Myanmar
  3. Kudeta Militer Myanmar
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini