Biden Akan Tarik Semua Tentara AS dari Afghanistan Pada 11 September

Rabu, 14 April 2021 10:20 Reporter : Pandasurya Wijaya
Biden Akan Tarik Semua Tentara AS dari Afghanistan Pada 11 September Tentara AS jalankan misi di Afghanistan. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan menarik mundur semua tentara AS di Afghanistan pada 11 September nanti sekaligus mengumumkan berakhirnya perang terpanjang selama lebih dari 20 tahun yang pernah dijalani negara itu.

Seorang pejabat senior mengatakan Biden akan menyampaikan pengumuman resmi itu pada hari ini waktu setempat.

Saat ini ada sekitar 2.500 tentara AS di Afghanistan, bersama sekitar 7.000 tentara asing yang menjadi anggota koalisi NATO. Dengan adanya pengumuman ini kemungkinan negara NATO lainnya juga akan menarik mundur pasukan mereka.

"Kami akan tetap memantau mereka selama menjalani operasi ini. Kami pergi bersama-sama, tinggal bersama-sama dan kini akan bersiap pulang sama-sama," kata seorang pejabat AS, seperti dilansir laman The Guardian, Rabu (14/4).

Penarikan mundur tentara AS akan dimulai pada 1 Mei nanti, tenggat yang disepakati pemerintahan Trump dengan Taliban tahun lalu dan akan rampung pada peringatan peristiwa 11 September.

"Kami berangkat ke Afghanistan untuk menghukum mereka yang menyerang kami pada 11 September dan menghancurkan teroris yang ingin memanfaatkan Afghanistan sebagai tempat perlindungan mereka," kata seorang pejabat senior.

"Kami yakin sudah meraih apa yang kami inginkan beberapa tahun lalu. Kami menilai ancaman ke dalam negeri yang berasal dari Afghanistan saat ini dalam level yang bisa kami atasi, tanpa perlu kehadiran militer di Afghanistan dan tanpa sedang berperang dengan Taliban."

Baca Selanjutnya: Hampir 2400 tentara AS tewas...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini