5 Negara Paling Berbahaya di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Selasa, 4 Desember 2018 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
5 Negara Paling Berbahaya di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa? negara paling berbahaya di dunia. ©REUTERS/Omar Sanadiki

Merdeka.com - Keamanan di satu negara akan terus disorot. Terutama masalah perang dan kestabilan negara. Menurut laporan Global Peace Index (GPI), tahun ini tingkat perdamaian global makin memburuk hingga 0,27 persen. Laporan ini meneliti 163 negara termasuk Indonesia.

Dari 163 negara itu mencakup 99,7 persen populasi dunia dan dinilai menggunakan 23 indikator. Petunjuknya dibuat oleh Institut Ekonomi & Perdamaian (IEP), yang mengukur perdamaian global, tingkat keselamatan dan keamanan di masyarakat, tingkat konflik domestik dan internasional, dan tingkat militerisasi.

Untuk Indonesia berada di posisi 109 dari 163 negara di dunia, dengan skor 1.853. Tidak lebih berbahaya dibandingkan Inggris yang berada di posisi 107 dengan skor 1.876 dan Prancis yang berada di posisi 103 dengan skor 1.909.

Berikut lima negara paling berbahaya di dunia:

2 dari 6 halaman

Suriah

5 negara paling berbahaya di dunia, indonesia peringkat berapa?Tentara Suriah kuasai Damaskus. ©REUTERS/Omar Sanadiki

Suriah merupakan negara paling berbahaya selama tiga tahun berturut-turut. Negara ini mulai berbahaya sejak dimulainya perang saudara pada tahun 2013. Menurut laporan GPI, Suriah mendapat skor 3.600 dari semua penilaian IEP.

3 dari 6 halaman

Afghanistan

5 negara paling berbahaya di dunia, indonesia peringkat berapa?Taliban serang rumah anggota parlemen Afghanistan. ©Reuters/Omar Sobhani

Afhganistan menjadi negara ke-2 paling berbahaya dengan skor 3.585. Saat ini Afghanistan memang mengalami konflik antara kelompok bersenjata Taliban dengan pemerintah. Masalah ini yang menjadikan Afghanistan menjadi tak aman di dunia.

BACA JUGA:
{news_title}
4 dari 6 halaman

Sudan Selatan

rev1Konflik Sudan Selatan. ©Reuters

Sudan juga mengalami konflik antara pasukan pemerintah dengan oposisi. Masalah ini muncul sejak 2013, yaitu perebutan kekuasaan politik antara Presiden Kiir melawan mantan wakilnya Riek Machar. Dalam laporan GPI, Sudan mendapat skor 3.508 dalam penelitian negara berbahaya di dunia.

5 dari 6 halaman

Irak

5 negara paling berbahaya di dunia, indonesia peringkat berapa?bom di irak. ©2016 REUTERS/Khalid al Mousily

Perang Saudara Irak yang berlangsung sejak 2014 hingga 2017 menyebabkan negara ini menjadi berbahaya. Pada 2014, pemberontakan di Irak mampu menumbangkan  Fallujah, Mosul, Tikrit dan wilayah-wilayah utama di Irak utara oleh Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Peristiwa ini mengakibatkan pengunduran diri paksa Perdana Menteri Irak, Nouri al-Maliki.

Belum lagi serangan udara dari Amerika Serikat, Iran, Suriah, dan 12 begara lainnya. Akibatnya, Irak menjadi negara ke-4 paling berbahaya di dunia. Menurut penilaian GPI, Irak mendapat skor 3.425 negara berbahaya.

6 dari 6 halaman

Somalia

5 negara paling berbahaya di dunia, indonesia peringkat berapa?Bom di Somalia. ©2018 REUTERS/Feisal Omar

Perang sipil yang terjadi sejak 1991 membuat Somalia menjadi negara tak aman dan berbahaya. Perang ini masih terus berlanjut sampai sekarang. Gerakan perang dimulai sejak rezim Siad Barre pada tahun 1980. Dampak perang ini, Somalia menjadi negara ke-5 paling berbahaya di dunia, dengan skor 3.367.

BACA JUGA:
{news_title}
[has]

Baca juga:
Melihat Warisan Perang Dunia II di Museum Rumah Bundar Tarakan
Huthi Siap Lakukan Gencatan Senjata di Yaman Jika Koalisi Saudi Mau Berdamai
Peringati 100 Tahun Berakhirnya Perang Dunia I, Bunga Poppy Hiasi Monumen Cenotaph
Peringatan Akhir Perang Dunia I, Ini Kunjungan Bersejarah Pemimpin Jerman & Prancis
Puluhan mortir Perang Dunia I ditemukan di dasar sungai Prancis
Nenek ini rawat puluhan cucu yang ditinggal mati orang tuanya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini