CEK FAKTA: Tidak Benar Vladimir Putin Bermain Piano Bawakan Lagu Indonesia Raya

Selasa, 17 Agustus 2021 15:01 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Vladimir Putin Bermain Piano Bawakan Lagu Indonesia Raya Keakraban Putin dan Joe Biden bertemu di Swiss. ©REUTERS/Denis Balibouse/Pool

Merdeka.com - Video Presiden Rusia Vladimir Putin sedang bermain piano lagu Indonesia Raya beredar di media sosial. Pada video berdurasi 1 menit 17 detik iyu tampak Vladimir Putin sedang bermain piano.

Nada dari video tersebut sama dengan nada lagu Indonesia Raya. Unggahan itu diberi judul; "Presiden putin memainkan piano dengan lagu indonesia raya."

tidak benar vladimir putin bermain piano bawakan lagu indonesia raya
Liputan6.com

Penelusuran

Hasil penelusuran, dilansir dari Liputan6.com, ditemukan gambar identik saat Presiden Rusia Vladimir Putin sedang bermain piano seperti yang beredar. Gambar itu diunggah oleh The Global Herald pada 14 Mei 2017. Judul dalam gambar itu "Putin plays piano at Xi Jinping’s residence during forum in Beijing"

Di dalam gambar itu juga terdapat link yang mengarah pada website Russia Today atau RT, saluran televisi yang didanai oleh Pemerintah Rusia.

Link itu mengarah pada artikel RT berjudul "Virtuoso-in-chief: Putin plays anthems of Russia’s capitals during intl forum in China (VIDEO)" yang ditayangkan pada 14 Mei 2017.

Di dalam artikel tersebut terdapat penjelasan bahwa Vladimir Putin memainkan piano saat tiba di kediaman resmi Presiden China, Xi Jinping.

Putin memainkan dua buah lagu yakni Moskovskie Okna yang dianggap sebagai lagu kebangsaan tidak resmi ibukota Rusia, Moscow dan juga lagu kebangsaan tidak resmi tanah kelahirannya, St. Petersburg.

Kesimpulan

Klaim Presiden Rusia Vladimir Putin sedang bermain piano Indonesia Raya adalah keliru. Faktanya, Putin memainkan piano saat tiba di kediaman resmi Presiden China, Xi Jinping pada Mei 2017 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4633283/cek-fakta-tidak-benar-vladimir-putin-bermain-piano-nyanyikan-hymne-indonesia-raya
https://theglobalherald.com/news/putin-plays-piano-at-xi-jinpings-residence-during-forum-in-beijing/

[lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Vladimir Putin
  4. Hoaks
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini