CEK FAKTA: Tidak Benar Ronaldo Sumbangkan Gajinya Bantu Hamas Beli Roket

Selasa, 18 Mei 2021 14:16 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Ronaldo Sumbangkan Gajinya Bantu Hamas Beli Roket Aksi Cristiano Ronaldo di Juventus. ©2018 AFP PHOTO/Isabella Bonotto

Merdeka.com - Beredar video di YouTube yang mengklaim pemain sepak bola menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket.

Video 10 menit itu diberi judul "BERITA TERBARU ~ RONALDO SUMBANGKAN GAJINYA UNTUK BANTU HAMAS BELI ROKET"

tidak benar ronaldo sumbangkan gajinya bantu hamas beli roket
YouTube

Penelusuran

Hasil penelusuran, tidak ditemukan data dan fakta pendukung bahwa cuplikan dalam video tersebut mengenai Ronaldo yang menyumbangkan gajinya untuk Hamas membeli ribuan roket.

Dalam video itu memang Ronaldo terlihat memberikan pernyataan pendek pada menit pertama video tersebut. Namun, potongan gambar dan pernyataan Ronaldo itu tidak terkait dengan Hamas, maupun konflik Palestina dan Israel.

Cuplikan gambar yang menampilkan Ronaldo dengan kemeja biru tersebut diketahui sebagai video dukungannya terhadap anak-anak Suriah yang menjadi korban bentrokan di Aleppo. Video itu juga telah diunggah lewat akun Twitter @Cristiano pada 23 Desember 2016 silam.

Sebagai informasi, Cristiano Ronaldo memang membantu Palestina dengan melelang sepatu emas miliknya. Dilansir dari INews, CR7 melelang sepatu Emas Eropa yang didapatkannya pada 2011 saat masih berkostum Real Madrid. Dia mendapatkan tropi tersebut setelah mengoleksi 40 gol.

Pada lelang tersebut mantan pemain Manchester United itu mengumpulkan uang 1,2 juta pounds. Total uang itu dia gunakan untuk membangun sekolah di Kota Gaza.

Kesimpulan

Klaim Cristiano Ronaldo menyumbangkan gajinya untuk membantu Hamas membeli roket adalah tidak benar. Informasi terkait sumbangan gaji Ronaldo kepada Hamas pun tidak ditemukan di media massa.

Cristiano Ronaldo memang membantu Palestina dengan melelang sepatu emas miliknya, untuk membangun sekolah di Kota Gaza.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=AH2LpoGJggk
https://twitter.com/Cristiano/status/812297170040881152
https://www.inews.id/sport/soccer/demi-bantu-palestina-cristiano-ronaldo-ikhlas-lelang-barang-berharga-ini/all [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini