CEK FAKTA: Tidak Benar Richard Eliezer Bebas dari Hukuman Kasus Pembunuhan Brigadir J

Jumat, 9 Desember 2022 17:18 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Richard Eliezer Bebas dari Hukuman Kasus Pembunuhan Brigadir J Sidang Bharada E, Bripka RR dan Kuat Maruf. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Beredar video di media sosial yang mengklaim bahwa Bharada Richard Eliezer, alias Bharada E, telah resmi dibebaskan dari dakwaan membunuh Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, atau Brigadir J.

Video berdurasi lima menit 26 detik itu berisi sejumlah potongan berita sidang Eliezer. Bharada E dibebaskan dari hukuman pembunuhan Brigadir J lantaran bisa dianggap sebagai Justice Collaborator.

"Akhirnya Bharada E Kini Resmi Dibebaskan Dari Hukuman Kasus Brigadir J," tulis teks di video dalam unggahan Facebook tanggal 13 November 2022.

cek fakta tidak benar richard eliezer bebas dari hukuman kasus pembunuhan brigadir j

Penelusuran

Dilansir AFP, humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Djuyamto, mengatalan sidang Richard Eliezer masih berlangsung.

"Diperkirakan pertengahan Januari sudah ada putusan," katanya saat diwawancara AFP, pada 30 November 2022.

Sidang Bharada E masih berlangsung, pada sidang lanjutan menghadirkan Ferdy sambo sebagai saksi dalam sidang terdakwa lainnya, Richard Eliezer alias Bharada E, di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Rabu (7/11).

Atas perbuatannya, Bharada E didakwa sebagaimana terancam Pasal 340 subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP juncto Pasal 56 KUHP yang menjerat dengan hukuman maksimal mencapai hukuman mati.

Kesimpulan

Bharada E resmi bebas dari kasus pembunuhan Brigadir J adalah keliru. Faktanya, sampai saat ini sidang masih berlangsung.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.32ZR2RQ
https://www.merdeka.com/peristiwa/jpu-tunjukkan-seragam-hingga-senjata-ini-respons-ferdy-sambo.html

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini