CEK FAKTA: Tidak Benar Minyak Goreng Kemasan Dibuang ke Laut, Simak Faktanya

Senin, 8 Agustus 2022 15:18 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Minyak Goreng Kemasan Dibuang ke Laut, Simak Faktanya CEK FAKTA: Tidak Benar Minyak Goreng Kemasan Dibuang ke Laut, Simak Faktanya. Facebook

Merdeka.com - Beredar video yang memperlihatkan tumpukan minyak goreng kemasan di atas kapal. Dalam narasinya tumpukan minyak goreng tersebut diklaim sengaja dibuang ke laut.

Terlihat pria yang diduga kru kapalmemakai pelampung agar bisa mengambil minyak goreng yang tersebar di lautan. Berikut narasinya:

"Kemarin beras bansos dkubur,,eh sekarang minyak goreng ditemukan di lautan... 🤦🏾‍♂️ancor ancor
*INGATANKU MASIH SEGAR SEWAKTU PERISTIWA SABOTASE PKI TAHUN 1965, BERAS DLL DI BUANG KE LAUT , RAKYAT MAKAN BULGUR (MAKANAN KUDA) MASAKNYA PAKAI GULA JAWA* 🥹🥹🥹, waspadalah dengan NEO PKI !!! https://www.google.com/.../ibu-ibu-pasti-nangis-ribuan..."

cek fakta tidak benar minyak goreng kemasan dibuang ke laut simak faktanya
Facebook

Penelusuran

Setelah ditelusuri, narasi yang mengklaim minyak goreng kemasan dibuang ke laut adalah keliru. Dilansir dari detik.com, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra mengungkapkan ratusan minyak goreng kemasan yang mengapung di laut itu disebabkan oleh kecelakaan kapal kargo Aneka Maju di Selat Malaka, perairan Riau, yang mengangkut bahan pokok.

"Info dari produsen, itu karena kecelakaan kapal. Jadi minyak gorengnya jatuh ke laut," kata Syailendra, Kamis (8/7/2022).

Syailendra mengatakan kecelakaan kapal itu terjadi di wilayah perairan Riau. Sementara produsen minyak goreng yang dimaksud ialah produsen minyak goreng Fortune.

"Itu bukan di laut Jawa ya, itu di Riau. Jadi memang kecelakaan. Saat ini masih dicek," jelas Syailendra.

Kesimpulan

Klaim minyak goreng kemasan dibuang ke laut adalah keliru. Faktanya, minyak goreng yang mengapung di laut itu disebabkan oleh kecelakaan kapal kargo Aneka Maju di Selat Malaka, perairan Riau.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.detik.com/bali/berita/d-6217375/heboh-video-ratusan-minyak-goreng-kemasan-tumpah-di-laut

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini