CEK FAKTA: Tidak Benar Gadis Ini Meninggal Dunia Usai Khatam Alquran

Kamis, 25 November 2021 13:48 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Gadis Ini Meninggal Dunia Usai Khatam Alquran Ilustrasi berita Hoax. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar informasi yang menyebutkan seorang gadis meninggal dunia usai khatam Alquran. Unggahan itu berupa judul artikel "Innalillahi, Gadis Ini Meninggal Usai Khatam Al-Quran 30 Juz,,Semoga Husnol Khotimah Aminn".

"Seorang gadis asal Arab Saudi meninggal dunia, setelah berhasil menghafal 30 juz Alquran. Gadis 15 tahun itu itu meninggal sehari sebelum ia mendapatkan penghargaan dari sekolahnya karena berhasil menghafal seluruh isi Alquran," demikian narasi tersebut.

tidak benar gadis ini meninggal dunia usai khatam alquran
©Liputan6.com

Penelusuran

Setelah ditelusuri, gadis dalam foto tersebut bernama Aisyah Bahar yang tiba-tiba meninggal dunia ketika sedang membaca Alquran. Ica meninggal pada Kamis, 4 Januari 2018 usai melaksanakan salat subuh.

Dilansir dari Liputan6.com dalam artikel berjudul "Detik-Detik Aisyah Bahar Wafat Saat Baca Alquran" yang diunggah pada 9 Januari 2018.

tidak benar gadis ini meninggal dunia usai khatam alquran
©Liputan6.com

Andi Bahar Jufri, ayah Ica mengatakan, sebelum anaknya meninggal dunia, ia sempat bangun untuk menunaikan salat malam. Putrinya juga sedang menjalankan puasa sunah.

"Usai salat malam, ia sempat bersantap sahur. Ia rutin berpuasa Senin-Kamis," ujarnya, Selasa (9/1/2018).

Jufri menceritakan, saat itu putrinya dalam keadaan baik-baik saja. Perempuan muda yang tercatat sebagai lulusan terbaik di Fakultas Peternakan Unhas itu bahkan sempat pergi ke masjid untuk menunaikan salat subuh berjamaah.

Usai salat subuh, Ica kemudian mengaji. Ia sempat meminta kepada bapaknya untuk mengoreksi jika bacaannya salah.

"Tak biasanya dia minta ditemani seperti itu," ujar Jufri.

Tak lama setelah membaca Surat Al-Mutaffifin, Ica kemudian memeluk bapakya. Ia meminta kepada bapaknya agar menuntun bacaan syahadat.

"Tiba-tiba ia memeluk saya dan minta dituntun membaca syahadat. Setelah itu ia meninggal dunia," kenangnya.

Jufri tak mengetahui persis mengapa putrinya itu tiba-tiba meninggal dunia. Yang ia ingat bahwa sebelumnya, Ica memang sering mengeluhkan sakit di kepalanya. "Sudah kita bawa ke dokter tapi tidak ada diagnosa apa-apa," lanjutnya.

Aisyah dimakamkan di pekuburan keluarga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Moncongloe, Maros, Sulawesi Selatan. Ia dimakamkan Kamis sore, 4 Januari 2018.

Kesimpulan

Gadis yang diklaim meninggal dunia usai khatam Alquran adalah tidak benar. Faktanya, gadis itu bernama Aisyah Bahar yang tiba-tiba meninggal dunia ketika sedang membaca Alquran. Ia meninggal pada Kamis, 4 Januari 2018 usai melaksanakan salat subuh.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/regional/read/3220178/detik-detik-aisyah-bahar-wafat-saat-baca-alquran [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Hoaks
  4. Alquran
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini