CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Tentang Asing Bertolak ke Papua Barat

Senin, 7 Desember 2020 14:37 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Tentang Asing Bertolak ke Papua Barat Berita hoax. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar foto sejumlah tentara asing turun dari sebuah pesawat yang diklaim akan menuju ke Papua Barat, Indonesia.

Foto tersebut bernarasikan sebagai berikut:

ini adalah di pangkalan darwin hari ini.seberapa dekat darwin ke west papua?sangat dekat dan tentu sudah dihitung segala kemungkinan nya.tentu saja itu bukan seragam dari indonesia tapi merupakan seragam dari negeri dakocan

tidak benar foto tentang asing bertolak ke papua barat

Istimewa

Penelusuran

Berdasarkan penelusuran menggunakan reverse image search mengarah pada postingan dari akun Twitter All American Division (@82ndABNDiv) dan akun Facebook 82nd Airborne Division yang diposting pada 3 Oktober 2020. Akun resmi divisi ke 82 pasukan penerjun yang telah terverfikasi bercentang biru.

Terlampir beberapa foto dengan keterangan bahwa pasukan terjun payung Amerika Serikat di Teater Operasi Komando Pusat Amerika Serikat setelah menyelesaikan tugasnya.

“Tidak ada perasaan yang lebih baik daripada melihat pasukan kita pulang. Dua hari lalu, kami bisa menyambut lebih banyak lagi @2BCTALCONS pulang ke Teater Operasi Komando Pusat dari penempatan mereka. Bantu kami memberikan selamat datang yang hangat untuk pasukan payung Falcon Brigade kami!
#AATW” tulis akun Twitter All American Division.

tidak benar foto tentang asing bertolak ke papua barat
Istimewa

Kesimpulan

Foto tentara asing turun dari sebuah pesawat yang diklaim akan menuju ke Papua Barat adalah tidak benar. Faktanya foto itu, adalah pasukan terjun payung Amerika Serikat di Teater Operasi Komando Pusat Amerika Serikat setelah menyelesaikan tugasnya.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini