CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Bus Transjakarta Terbengkalai Peninggalan Ahok

Rabu, 10 Agustus 2022 13:21 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Bus Transjakarta Terbengkalai Peninggalan Ahok Bus Transjakarta di Dramaga. ©2019 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Beredar foto memperlihatkan sejumlah bus Transjakarta terbengkalai di sebuah tempat dengan rumput yang tak terawat. Bus Transjakarta terbengkalai tersebut diklaim sebagai peninggalan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"ini karya ahok om fir! dungu kok dipelihara, makanya jgn nyamar jadi muslim," narasinya.

cek fakta tidak benar foto bus transjakarta terbengkalai peninggalan ahok
Twitter

Penelusuran

Setelah ditelusuri, ratusan bangkai bus dengan tulisan Transjakarta terbengkalai di kawasan Bogor, Jawa Barat. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan, bus-bus itu bukan milik Pemprov DKI, baik Dinas Perhubungan maupun PT Transjakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat itu menyatakan, bus-bus itu milik penyedia atau pemasok bus Transjakarta pada tahun 2013.

"Bukan milik Pemprov, tapi milik penyedia tahun 2013," kata Syafrin saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (28/7/2019).

Pemprov DKI saat ini bahkan berencana menggugat perusahaan penyedia bus Transjakarta pengadaan tahun 2013 itu. Pasalnya, perusahaan-perusahaan itu tidak mengembalikan uang muka pengadaan bus yang telah dibayarkan Pemprov DKI pada 2013 lalu.

DKI diketahui sudah memutus kontrak pengadaan bus dan menagih uang muka tersebut sejak 2017 lalu, namun hingga kini tidak pernah dibayarkan oleh perusahaan itu.

"Dishub sudah berupaya melakukan penarikan sejak 2017," ucapnya.

Syafrin menjelaskan, kasus itu berawal saat Pemprov DKI melakukan pengadaan bus Transjakarta tahun 2013. Proyek tersebut dinyatakan bermasalah.

Kesimpulan

Foto bus Transjakarta terbengkalai diklaim sebagai peninggalan Gubernur Ahok adalah keliru. Faktanya, bus itu bukan milik Pemprov DKI, tapi milik penyedia atau pemasok bus Transjakarta pada tahun 2013.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/news/read/4023765/dishub-dki-akan-gugat-pemasok-bus-transjakarta-mangkrak-di-bogor

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini