CEK FAKTA: Tidak Benar Dana Desa Direlokasi jadi Bantuan BBM

Jumat, 30 September 2022 16:20 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Tidak Benar Dana Desa Direlokasi jadi Bantuan BBM Penyaluran BLT BBM. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Sebuah unggahan beredar dengan narasi bahwa dana BLT BBM merupakan relokasi dari dana desa. Narasi ini muncul setelah pemerintah menetapkan adanya dana bantuan BBM akibat dari kenaikan BBM yang baru saja ditetapkan.

"Baru tahu dari teman2 PEMDA beberapa daerah.
Dana BLT BBM ternyata dr Dana Desa yg direlokasi.
Jaid bukan Dana Sinterklas dari Pemerintah Pusat.
Jadi ini soal geser-menggeser anggaran.
Kebiasaan bohong mmg sdh mendarah daging," tulis salah satu pengguna akun Twitter.

Penelusuran

Dilansir dari jabarsaberhoaks, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, melalui unggahannya di Twitter pada 14 September 2022 menyatakan bahwa anggaran BLT pengalihan subsidi BBM sebagai upaya penanganan dampak inflasi telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 134 Tahun 2022.

Dalam PMK itu mengatur alokasi bantuan sosial sebesar Rp24,17 triliun yang akan dibagi menjadi dua jenis bantuan, yakni Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk pekerja dengan gaji di bawah 3,5 juta, dan BLT BBM.

Dana itu merupakan dua persen dari Dana Transfer Umum (DTU) yang terdiri dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH).

Pemerintah daerah juga turut menggunakan dua persen Dana Alokasi Umum (DAU) dari APBN untuk program perlindungan sosial, penciptaan lapangan kerja dan subsidi/bantuan sektor transportasi yang berasal dari

Prastowo juga menyebut DTU yang terdiri dari DAU dan DBH tersebut berbeda dengan dana desa. Dana Desa memiliki payung hukum tersendiri yaitu Peraturan Pemerintah No.60 tahun 2014.

Kesimpulan

Klaim yang menyatakan dana BLT BBM merupakan dana desa yang direlokasi adalah tidak benar. Kedua jenis dana tersebut memiliki peraturan yang berbeda.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.instagram.com/p/Ciyi7QfviL4/?igshid=NGIzOGRhOTI%3D
https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/BLT-BBM

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini