CEK FAKTA: Pesawat Hilang 37 Tahun Lalu Akhirnya Ditemukan? Simak Faktanya

Senin, 19 September 2022 15:07 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Pesawat Hilang 37 Tahun Lalu Akhirnya Ditemukan? Simak Faktanya Ilustrasi Pesawat. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Beredar sebuah video di media sosial Facebook mengklaim pesawat hilang 37 tahun lalu ditemukan selamat dan telah kembali. Video tersebut menampakkan sebuah gambar pesawat yang diklaim sebagai pesawat Pan Am 914.

Video ini diunggah 11 September 2022 dengan judul:

"37 Tahun Menghilang, Begini Kondisi Penumpang Dalam Pesawat.."

Video ini buat heboh. Ditonton lebih dari 1,2 juta kali dan mendapat komentar lebih dari 600.

Video itu juga menggambarkan cerita tentang perjalanan pesawat Pan Am 914 yang membawa 57 penumpang dari Bandara Internasional New York menuju Miami, Florida pada 2 Juli 1955. Sayangnya, pesawat itu hilang kontak dan sekarang dikabarkan kembali mendarat di bandara Caracas, Venezuela oleh petugas ACT bernama Juan de la Corte.

Penelusuran

Dikutip dari cekfakta.tempo.co, video tentang kembalinya pesawat Amerika yang hilang selama 37 tahun lamanya adalah hoaks.

Tim cek fakta mencoba menelusuri potongan video tersebut. Hasilnya, sejumlah potongan pada video tersebut mirip dengan video yang pernah diunggah ke Youtube oleh kanal BRIGHT SIDE pada 27 Juni 2019 dengan judul,

"A Plane Disappeared And Landed 37 Years Later."

Video tersebut merangkum kisah-kisah pesawat Pan Am 914, salah satunya bersumber dari tabloid Weekly World News yang pertama menuliskan cerita ini. Salah satu isi tabloid menyebutkan pesawat yang hilang kontak itu akhirnya kembali.

Bahkan, sebagai upaya meyakinkan pembaca, mereka juga menyisipkan gambar petugas ACT bandara Caracas, Venezuela, bernama Juan de la Corte di tabloid edisi Mei 1993.

Kemudian, pada edisi September 1999, tabloid itu kembali memuat cerita yang sama dan menyisipkan gambar yang sama pula, Juan de la Corte. Tetapi, wajah Juan de la Corte yang disisipkan pada 1993 tampak jauh berbeda dengan potretnya di tahun 1999.

Organisasi pemeriksa fakta, Snopes.com, memastikan kisah yang dipublikasi oleh tabloid Weekly World News tersebut adalah palsu atau hoaks.

Menurut Snopes, Weekly World News merupakan tabloid yang sudah cukup terkenal memproduksi bumbu cerita fiksi viral yang beredar pada kurun waktu antara 1979 dan 2007.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan, unggahan video tentang kembalinya pesawat Amerika, Pan Am 914 setelah hilang selama 37 tahun adalah hoaks. Video tersebut merujuk pada konten yang ada di kanal BRIGHT SIDE. Sementara, video pada kanal tersebut menceritakan kembali kisah fiksi yang dibuat oleh tabloid Weekly World News.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1937/keliru-video-pesawat-hilang-37-tahun-lalu-mendarat-kembali

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini