CEK FAKTA: Menyesatkan, PKI Anggarkan Rp5 Miliar untuk Dukung Jokowi 3 Periode

Kamis, 29 September 2022 11:07 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Menyesatkan, PKI Anggarkan Rp5 Miliar untuk Dukung Jokowi 3 Periode Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah unggahan beredar di media sosial mengeklaim Partai Komunis Indonesia (PKI) akan menggelontorkan Rp5 triliun untuk muluskan Jokowi 3 periode. Unggahan itu mencatut media CNN dengan meletakkan gambar logonya di atas logo PKI.

Konten itu diunggah oleh salah satu akun Twitter, @Gusmail30414192 dan akun Facebook, Joe Yehuda Tambunan. Unggahan yang menuliskan Kota Beijing dan diklaim telah dimuat CNN tertanggal 15 April 2022 itu menulis narasi sebagai berikut;

“Beijing, 30 September 2021.
Salam Perjuangan
Kita sudah melakukan dua tahap pilprs, tetapi hasilnya belum cukup. Usahakan agar Jokowi 3 periode, kalau bisa pilpres 2023 ditunda minimal jabatan Jokowi di tambah 2 tahun. Kalau masih sulit Usahakan ketua KPU 2023 dari Banser, pertahankan Ketua MK, nikahkan dengan saudara kandung Jokowi. Kita akan anggarkan 5 Triliun untuk KPU, MK, Charta Politica, dan Polisi. Jika yang ada orang-orang yang menghambat, baik dari tokoh Naisonalis, tokoh agama, atau Mahasiswa, atau elemen lain habisi mereka.

Cq: Luhut Binsar Panjahitan, Hendro Priono, Kapolri”

Penelusuran

Dikutip dari turnbackhoax.id, klaim tentang anggaran Rp5 miliar untuk memuluskan Jokowi menuju 3 periode adalah hoaks.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD mengatakan, isu penambahan masa jabatan periode sudah tutup buku. Oleh karena itu, pembahasan tentang Jokowi bisa menjabat 3 periode sudah tidak bisa dilakukan.

"Ini sudah tutup buku (perpanjangan masa jabatan, 3 periode). Sudah tutup buku, mau pakai apa? PDIP sudah nyatakan. PDIP paling getol untuk amandemen PPHN (Pokok-pokok Haluan Negara). Tapi, karena ada isu ini (perpanjangan masa jabatan), saya nggak jadi amandemen, karena nanti bisa masuk ke jabatan itu," jelas Mahfud, Rabu (20/4/2022), dikutip dari detik.com.

Mahfud juga menegaskan, PKI sudah lama dibubarkan karena menjadi organisasi terlarang di Indonesia berdasarkan TAP XXV/MPRS/1966 yang merupakan TAP Tentang Pembubaran PKI. Merujuk pada tahun dikeluarkannya TAP tersebut, menunjukkan bahwa sudah lama tidak ada organisasi terlarang tersebut di Indonesia.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi dukungan PKI agar Jokowi lanjut 3 periode adalah tidak benar. Organisasi PKI sudah lama dibubarkan di Indonesia sehingga akun tersebut hanya dibuat untuk menyebar hoaks.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber:

https://turnbackhoax.id/2022/09/27/salah-pki-anggarkan-rp5-triliun-demi-muluskan-jokowi-3-periode/
https://news.detik.com/berita/d-6042806/mahfud-md-soal-wacana-presiden-3-periode-sudah-tutup-buku-apa-lagi

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini