CEK FAKTA: Ini Bukan Foto Buzzer Sedang Membuat Informasi Hoaks

Kamis, 18 Maret 2021 14:49 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Ini Bukan Foto Buzzer Sedang Membuat Informasi Hoaks Ini Bukan Foto Buzzer Sedang Membuat Informasi Hoaks. ©Istimewa

Merdeka.com - Bereda foto seorang wanita tengah mengoperasikan puluhan ponsel yang diklaim sedang membuat dan menyebarkan informasi hoaks.

Foto ini beredar di Facebook dengan narasi sebagai berikut:

cebong itu sebenarnya gak banyak, 1 ekor cebong mungkin bisa punya 20-50 akun di medsos... mereka harus begitu karena hanya dgn cara itulah mereka bisa dapet duit buat makan ..... jika perlu, mereka bikin berita hoax dan fitnah sana sini, atau bahkan sekedar bikin meme yg sangat murahan ... karena memang spt itulah kapasitas mereka ????

ini bukan foto buzzer sedang membuat informasi hoaks
©Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran terkait klaim foto buzzer sedang membuat dan menyebarkan informasi hoaks adalah salah. Dilansir dari Medcom.id, foto itu adalah seorang wanita yang menunjukkan cara memanipulasi peringkat app store yang viral di China.

Foto identik seperti yang diklaim ditemukan dalam artikel berjudul "A viral photo in China shows how to manipulate App Store rankings the hard way". Artikel dimuat di techinasia.com pada 5 Februari 2015.

Dalam foto tersebut seorang wanita yang duduk di depan puluhan perangkat iPhone 5 telah menjadi viral di Tiongkok. Media berspekulasi wanita tersebut bekerja di sebuah tempat manipulasi peringkat App Store China

Tugasnya adalah mengunduh, menginstal, dan menghapus aplikasi tertentu berulang kali untuk meningkatkan peringkat App Store mereka. Meja tempat kerja dirancang khusus dan ada meja lain di seberangnya di latar belakang.

Foto asli di-tweet di Weibo dengan teks, "Pekerja manipulasi peringkat App Store."

Kesimpulan

Klaim foto buzzer sedang membuat dan menyebarkan informasi hoaks tidak benar. Faktanya, foto itu adalah seorang wanita sedang menunjukkan cara manipulasi peringkat App Store di China.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://m.medcom.id/telusur/cek-fakta/5b2eRZMN-cek-fakta-foto-buzzer-tengah-memproduksi-informasi-hoaks-ini-faktanya
https://www.techinasia.com/viral-photo-china-shows-manipulate-app-store-rankings-hard [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini