CEK FAKTA: Hoaks Video Ferdy Sambo Kabur dari Mako Brimob

Rabu, 24 Agustus 2022 17:11 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video Ferdy Sambo Kabur dari Mako Brimob Irjen Ferdy Sambo diperiksa Bareskrim. ©2022 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Video bernarasi Ferdy Sambo kabur dari Mako Brimob di media YouTube. Video tersebut berjudul "Nekat Kabur Dari Mako Brimob! Irjen Ferdy Sambo Langsung Di Door Di Tempat!".

Video berdurasi 3 menit itu menampilkan potongan foto polisi melakukan penangkapan, serta foto-foto Ferdy Sambo saat menjalani pemeriksaan di Bareskrim.

Narasi dalam video tersebut juga memberikan keterangan bahwa Ferdy Sambo akhirnya ditembak di tempat karena berusaha melarikan diri.

cek fakta hoaks video ferdy sambo kabur dari mako brimob
YouTube

Penelusuran

Berdasarkan penelusuran, setelah ditonton hingga usai, video berdurasi 3 menit 9 detik itu tidak ditemukan adanya keterangan bahwa Ferdy Sambo melarikan diri dari Mako Brimob dan ditembak di tempat.

Video tersebut berupa gambar-gambar slide show itu menampilkan keterangan dari pengacara Ferdy Sambo, yakni Arman Hanis bahwa Ferdy Sambo akan bertanggung jawab terhadap semua perbuatannya sesuai hukum yang berlaku.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut seperti dilansir dari Kumparan, Pengacara Irjen Ferdy Sambo, Arman Hanis, mengatakan kliennya telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Pemeriksaan dilakukan di Mako Brimob, Depok.

"Alhamdulillah hari ini klien kami bapak FS telah menjalankan pemeriksaan secara kooperatif dan menjawab pertanyaan penyidik secara lengkap sesuai kapasitas Bapak FS," kata Arman.

Berdasarkan isi video tersebut, tidak ada keterangan bahwa Ferdy Sambo melarikan diri dari Rutan Mako Brimob dan hingga kini tidak ada laporan kredibel terhadap pernyataan tersebut.

Kesimpulan

Video Ferdy Sambo melarikan diri dari Mako Brimob dan ditembak di tempat tidak benar. Faktanya, isi keseluruhan dalam video tersebut tidak ada keterangan bahwa Ferdy Sambo melarikan diri.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://kumparan.com/kumparannews/ferdy-sambo-siap-tanggung-jawab-atas-pembunuhan-brigadir-yosua-1ydrSrEOxm4/full
https://turnbackhoax.id/2022/08/20/salah-nekat-kabur-dari-mako-brimob-irjen-ferdy-sambo-langsung-di-door-di-tempat/

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini