CEK FAKTA: Hoaks, Video Ferdy Sambo Dihipnotis

Kamis, 22 September 2022 16:36 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Hoaks, Video Ferdy Sambo Dihipnotis Rekontruksi Pembunuhan Brigadir J di Rumah Dinas Ferdy Sambo. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Sebuah video muncul di media sosial dengan menampilkan wajah seorang yang mirip Ferdy Sambo. Video itu diunggah oleh akun Facebook, pada 11 September 2022 dengan narasi, “Atas Permintaan Kapolri Akhirnya Ferdian Gantikan Uya Kuya Giliran Ferdy Sambo Dihipnotis.”

Dalam video itu, tampak gambar Ferdy Sambo memegang pundak Ferdian, seorang hipnoterapis Indonesia. Klaimnya, kapolri yang meminta Ferdian menggantikan Uya Kuya untuk menghipnotis Ferdy Sambo.

cek fakta hoaks video ferdy sambo dihipnotis ferdian

Penelusuran

Dilansir dari viva.co.id, video yang menampilkan wajah Ferdy Sambo sedang memegang pundak Ferdian adalah hasil suntingan.

Gambar tersebut merupakan suntingan, dengan wajah asli Bripka Ambarita yang saat itu berfoto bersama Ferdian. Foto aslinya pernah diunggah oleh Ferdian di akun Instagram-nya pada 9 Februari 2020.

Selain itu, narasi tentang Kapolri meminta Ferdian menggantikan Uya Kuya untuk menghipnotis Ferdy Sambo juga merupakan klaim yang salah, Narasi itu muncul ketika Kepala Badan Reserse Kriminal, Komjen (Purn) Ito Sumardi Djunisanyoto meminta Kapolri agar para tersangka pembunuh Brigadir J dihipnoterapi oleh Uya Kuya.

"Saya ngomong sama Pak Kapolri 'Pak, kalo kita minta tolong sama Pak Uya Kuya, semua beres, Orang kalau di bawah hypnoterapy akan menceritakan apa yang dilakukan," kata Ito saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Uya Kuya Tv melalui konferensi call dikutip SeputarTangsel.Com pada Kamis, 8 September 2022.

Kesimpulan

Video yang mengeklaim Ferdy Sambo dihipnotis oleh Ferdian adalah hoaks. Video tersebut merupakan hasil suntingan dan pelintiran ujaran Kepala Badan Reserse Kriminal, Komjen (Purn) Ito Sumardi Djunisanyoto.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-145461797/mantan-kabareskrim-ini-sempat-minta-kapolri-panggil-uya-kuya-untuk-hipnotis-ferdy-sambo-cs-paling-tidak
https://www.viva.co.id/ragam/cek-fakta/1522627-cek-fakta-ferdian-gantikan-uya-kuya-hipnotis-ferdy-sambo

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini