CEK FAKTA: Hoaks, STB Dapat Baca Data Orang yang Sudah Vaksin

Senin, 14 November 2022 18:16 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Hoaks, STB Dapat Baca Data Orang yang Sudah Vaksin Penjualan STB TV Digital meningkat. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Sebuah unggahan yang mengeklaim set top box (STB) dapat membaca data orang yang sudah vaksin beredar di media sosial. Salah satu pengguna Facebook menuliskan narasi seperti berikut pada 9 November 2022.

"Paksin gratis....
Tv digital set top box. Yg dibagikan utk masyarakat pun ada maksud tertentu.😊
Ternyata oh ternyata...😄
Didalamnya ada rangkaian Bluetooth low Energi Device utk membaca data org2 sdh dipaksin."

Narasi itu disertai sebuah gambar yang dinilai merupakan sketsa cara kerja STB. Dalam gambar, bluetooth low energy SoC (BLE) diklaim sebagai alat yang berfungsi untuk membaca data vaksin dalam tubuh.

Penelusuran

Dilansir dari kompas.com, klaim STB dapat membaca data orang yang sudah vaksin adalah hoaks. Hal ini telah dikonfirmasi Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kominfo, Geryantika Kurnia.

"Buat masyarakat harus hati-hati untuk mengecek recheck terkait informasi yang tidak benar di masyarakat, terkait STB yang dapat membaca data vaksin atau data-data lainnya," terang Gery saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (12/11/2022).

Fungsi utama STB berdasarkan penjelasan Gery adalah untuk mengalihkan sinyal analog menjadi sinyal digital. Sinyal digital ini nantinya akan membuat kualitas siaran, baik dari segi gambar maupun suara menjadi lebih baik.

Sementara itu, sebuah sketsa diagram berurut yang dibagikan bersama dengan klaim merupakan hasil pengambilan gambar dari laman nxp.com. Fungsi bluetooth low energy SoC (BLE) merupakan alat yang memungkinkan pengoperasian dengan daya sangat rendah tanpa memengaruhi kinerja radio. Fungsi BLE sama sekali tidak berkaitan dengan proses membaca data orang yang telah divaksin.

Kesimpulan

Klaim STB dapat membaca data orang yang sudah vaksin adalah hoaks. Tidak ada pernyataan dan bukti yang mendukung narasi itu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi:

https://www.facebook.com/fajrul.annam.35/posts/pfbid02bU2coU9RomdVVUKca5QP5JG2VoB4T1NUkwDTKfUCjpxhaRWf5Zq5dSx31B7w58u2l
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/11/12/143400882/-hoaks-set-top-box-dapat-membaca-data-orang-yang-divaksin?page=all#page2.
https://www.nxp.com.cn/assets/images/en/block-diagrams/SET-TOP-BOX_BD2.jpg?fbclid=IwAR0sdtjvIUJMHrI6KZEu622ZA2Kz-RLUJ2-l6UqloWOmchBoJn22Y_xcjUk

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini