CEK FAKTA: Hoaks Pernyataan Presiden Putin Soal Larangan Pernikahan Beda Agama

Jumat, 4 Desember 2020 15:45 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Pernyataan Presiden Putin Soal Larangan Pernikahan Beda Agama Presiden Rusia Vladimir Putin. Sumber Foto: AFP

Merdeka.com - Informasi Presiden Rusia Vladimir Putin melarang pernikahan beda agama beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan bahwa pria muslim dilarang menikahi wanita non muslim.

hoaks pernyataan presiden putin soal larangan pernikahan beda agama
turnbackhoax

"A muslim man cannot marry non-muslim woman in Russia. Ordered by President Vladimir Putin."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Putin Melarang Pernikahan Beda Agama untuk Para Lelaki di Rusia" pada 27 November 2020, dijelaskan bahwa tidak ada pernyataan resmi Presiden Putin soal laranagn pernikahan beda agama.

Akun FB The Innocent Politician menulis mengunggah foto Vladimir Putin yang diikuti dengan narasi bahwa Putin mengeluarkan larangan bagi lelaki Muslim untuk menikahi wanita non-Muslim. Unggahan tersebut telah disebar ulang sebanyak 163 kali. Selain itu, terdapat 1.762 orang menyukai dan 36 orang yang memberikan komentar.

Berdasarkan hasil penelusuran lebih lanjut, adanya wacana untuk melarang pernikahan berbeda agama bagi lelaki Muslim di Rusia dicetuskan oleh organisasi bernama Spiritual Administration of Muslims of Russia (DUM). Klaim ini dijelaskan dalam situs resmi RadioFreeEurope yang berjudul “Russian Muslim Clerics Spark Controversy by Banning Interfaith Marriages”.

Selain itu, dilansir dari website resmi pemerintah Rusia, tidak ada informasi yang terlampir di website tersebut yang menjelaskan bahwa Rusia secara resmi mengelurkan peraturan tersebut dan tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah Rusia.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat di situs Factly dengan judul artikel “Russian Government did not ban Muslim men from marrying non-Muslim women” dan mengkategorikannya sebagai false.

Kesimpulan

Informasi pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin soal larangan pernikahan beda agama adalah hoaks. Tidak ada pernyataan resmi dari Presiden Putin terkait hal tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini