CEK FAKTA: Hoaks, Mahfud MD Minta KPK Tangkap Buzzer

Senin, 19 September 2022 19:03 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks, Mahfud MD Minta KPK Tangkap Buzzer Mahfud MD. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar unggahan di media sosial yang mengklaim Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menangkap semua buzzer.

Narasi dalam unggahan tersebut berisi tentang KPK yang diklaim sedang menggeledah rumah Ade Armando. Dalam thumbnail video tersebut tampak beberapa beberapa orang memakai seragam KPK.

"Perintah langsung menko
KPK GELEDAH RUMAH ADE ARMANDO
MAHFUD MD MINTA KPK SEGERA TANGKAP SEMUA BUZZER."

Sementara itu, Video tersebut berjudul: "TEGAS !! MAHFUD MD MINTA KPK TANGKAP SEMUA BUZZERP || BERITA TERBARU,"

Video tersebut juga disertakan tiga tagar yakni#adearmando, #kpk, #mahfudmd.

Penelusuran

Menko Polhukam Mahfud MD melalui akun Twitter resmi, @mohmahfudmd, memastikan bahwa video tersebut adalah hoaks. Mahfud mengatakan video itu tidak terkait dengan Ade Armando.

Namun, video tersebut terkait Djoko Tjandra yang waktu itu menjadi buronan dan Mahfud memerintahkan untuk tangkap Djoko.

"Statement sy dlm video ini tak terkait dgn aktivitas KPK memburu Ade Armando. Tp dlm kaitan Joko Candra lbh dari 2 thn lalu. Saat itu Jok-Can buron dan minta tak ditahan krn sdng memgajukan PK. Sy bilang "tangkap"," tulis Mahfud pada 5 September 2022.

Saat ini, video berjudul "TEGAS !! MAHFUD MD MINTA KPK TANGKAP SEMUA BUZZERP || BERITA TERBARU" sudah dihapus pihak YouTube.

Melansir dari merdeka.com pada 2 Jul 2020, Menko Polhukam Mahfud MD, memerintahkan Jaksa Agung Burhanuddin untuk segera menangkap narapidana dan buronan kelas kakap Djoko S. Tjandra.

"Saya tadi sudah bicara dengan Jaksa Agung supaya segera menangkap buronan Djoko Tjandra. Ini adalah buronan yang masuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang) oleh sebab itu Kejaksaan Agung maupun Kepolisian harus segera menangkapnya. Tidak ada alasan bagi orang yang DPO meskipun dia mau minta PK lalu dibiarkan berkeliaran," tegasnya saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (2/7).

Mahfud mengatakan, menurut undang-undang orang yang mengajukan Peninjauan Kembali (PK) harus hadir dalam pengadilan. Jika tidak hadir maka PK tidak bisa dilakukan.

"Oleh sebab itu ketika hadir di Pengadilan, saya minta Polisi dan Kejaksaan untuk menangkapnya dan segera dijebloskan ke penjara sesuai dengan putusan pengadilan yang telah inkracht (berkekuatan hukum tetap). Jadi tidak ada penundaan hukuman bagi orang yang sudah minta PK. Itu saja demi kepastian hukum dan perang melawan korupsi," tegas Mahfud.

Kesimpulan

Video berjudul "TEGAS !! MAHFUD MD MINTA KPK TANGKAP SEMUA BUZZERP || BERITA TERBARU," adalah hoaks. Mahfud memastikan video tersebut terkait perintahnya kepada Jaksa Agung Burhanuddin untuk segera menangkap narapidana dan buronan kelas kakap Djoko S. Tjandra.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://twitter.com/mohmahfudmd/status/1566562072858484736
https://www.merdeka.com/peristiwa/mahfud-minta-jaksa-agung-tangkap-joko-tjandra-tak-ada-alasan-dibiarkan-berkeliaran.html
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/09/08/201000982/-hoaks-mahfud-md-meminta-kpk-tangkap-semua-buzzer?page=all#page2

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini