CEK FAKTA: Hoaks Lowongan Kerja PT Freeport Indonasia

Senin, 25 Januari 2021 15:05 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Lowongan Kerja PT Freeport Indonasia freeport. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Beredar bahwa PT Freeport Indonesia sedang membuka lowongan pekerjaan tahun 2021 di media sosial. Dengan minimal pendidikan D3 lulusan teknik.

Klaim lowongan kerja dari PT Freeport Indonesia diunggah akun Facebook Jemmi Aprilyo Simatupang, dengan narasi sebagai berikut:

LOWONGAN KERJA

Dibutuhkan:

1. Min D3 lulusan teknik

2. Bersertifikat CCNA (cisco)

3. Bersedia bekerja di timika papua(kawasan freeport)

3. Gaji Negotable

Fasilitas

1. mendapatkan biaya transportasi (Mudik per 3 Bulan sekali, durasi mudik max 2 minggu)

2. mendapatkan fasilitas (makan, tempat tinggal dll)

silakan kirimkan CV ke:

acephelmi@stn-network.com / +62 811-1352-702 Acep Helmi

cc email: bastiarpramana@gmail.com

subject: Teknisi CCNA-PAPUA

hoaks lowongan kerja pt freeport indonesia

Penelusuran

Juru Bicara PT Freeport Indonesia, Riza Pratama memberikan penjelasan tentang lowongan kerja dari PT Freeport Indonesia yang beredar di media sosial adalah tidak benar.

"Tidak benar. Itu hoaks karena PT Freeport Indonesia tidak pernah mengeluarkan pengumuman lowongan pekerjaan di media online atau sosial media," kata Riza Pratama kepada Liputan6.com, Senin (25/1/2021).

Bantahan soal klaim lowongan kerja terdapat media sosial PT Freeport Indonesia. Salah satu bantahan dimuat di akun Facebook PT Freeport Indonesia di Facebook soal lowongan kerja yang beredar di media sosial:

"Hai Rekan!

Berbagai informasi yang beredar di media sosial mengenai perekrutan calon karyawan PT Freeport Indonesia dapat dipastikan adalah informasi palsu yang terindikasi sebagai penipuan.

PT Freeport Indonesia juga tidak pernah bekerja sama dengan agen perjalanan manapun terkait akomodasi dan transportasi saat proses perekrutan calon karyawan.

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan PT Freeport Indonesia secara tidak bertanggung jawab. Informasi resmi mengenai perekrutan karyawan hanya diterbitkan melalui website resmi kami."

Kemudian cek fakta merdeka.com, juga membuka website resmi PT Freeport Indonesia. Dijelaskan Saat ini belum terdapat lowongan kerja. Kemudian diimbau para pencari kerja untuk berhati-hati dan mewaspadai beragam modus penipuan perekrutan yang mengatasnamakan PT Freeport Indonesia.

Dalam setiap proses rekrutmen dan penerimaan karyawan, PT Freeport Indonesia maupun konsultan rekruitmennya tidak memungut biaya apapun. Proses rekrutmen atau penerimaan karyawan hanya dilakukan oleh petugas Talent Acquisition dari Human Resources Division perusahaan melalui email ptfi_e-recruitment@fmi.com

Kesimpulan

Informasi soal PT Freeport Indonesia membuka lowongan pekerjaan 2021 tidak benar. Faktanya, PT PT Freeport Indonesia tidak pernah mengeluarkan pengumuman lowongan pekerjaan di media online atau sosial media.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini