CEK FAKTA: Hoaks, KPK Temukan Uang Rp50 Miliar saat Geledah Rumah Sekjen PDIP Hasto

Kamis, 29 September 2022 17:04 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks, KPK Temukan Uang Rp50 Miliar saat Geledah Rumah Sekjen PDIP Hasto Sekjen PDIP Hasto. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar unggahan di media sosial yang mengklaim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Disebutkan dari hasil penggeledahan, KPK menemukan uang sebesar Rp50 miliar di rumah Hasto. Dalam unggahannya juga memperlihatkan foto Hasto memakai rompi orange.

cek fakta hoaks kpk temukan uang rp50 miliar saat geledah rumah sekjen pdip hasto
©Twitter

Penelusuran

Melansir dari Antara, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menyatakan video yang mengklaim rumah Hasto digeledah adalah tidak benar alias hoaks.

"Jadi, video dimaksud mengarahkan pada informasi yang tidak benar, dengan judul KPK temukan tumpukan uang Rp50 miliar hasil korupsi oleh pihak yang disebut dalam video hoaks itu," katanya.

KPK pun meminta kepada pihak-pihak yang menyebarkan informasi bohong atau hoaks dengan mengatasnamakan KPK tersebut untuk segera menghentikan aksinya dan menghapus unggahannya pada media sosial YouTube.

Selain itu, lanjut Ali Fikri, KPK juga mengajak masyarakat untuk selalu waspada dan jeli dalam memilah setiap informasi agar tidak terprovokasi oleh informasi hoaks yang mempunyai tujuan-tujuan kontraproduktif.

"Masyarakat dapat mengakses informasi resmi mengenai perkembangan penanganan perkara ataupun kegiatan pencegahan dan sosialisasi kampanye pendidikan antikorupsi yang dilakukan KPK melalui website kpk.go.id atau melalui akun resmi media-media sosial KPK," ucapnya.

Kesimpulan

Video KPK geledah rumah Sekjen PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto adalah tidak benar alias hoaks.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.antaranews.com/berita/3144633/kpk-video-penggeledahan-di-rumah-sekjen-pdip-adalah-hoaks

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini