CEK FAKTA: Hoaks Foto Donald Trump Bertuliskan "You're Fired" di Sampul New York Post

Kamis, 12 November 2020 16:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Foto Donald Trump Bertuliskan Kampanye Donald Trump Usai Sembuh dari Covid-19. ©2020 REUTERS/Jonathan Ernst

Merdeka.com - Beredar foto Donald Trump di sampul NEW YORK POST berjudul "YOU'RE FIRED". Di sampul tersebut, Trump mengenakan jas berwarna biru tua.

hoaks foto donald trump di sampul new york post
istimewa

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, foto sampul tersebut adalah hoaks. Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Foto Trump dengan Judul “You’re Fired” sebagai Sampul New York Post" pada 11 November 2020, dijelaskan bahwa New York Post tak pernah membuat sampul seperti itu.

Pengguna Twitter MelusiMaposa mengunggah sebuah foto sampul New York Post (8/11) yang menunjukkan foto Donald Trump tengah berjalan di malam hari dengan membawa topi merah khas ‘Make America Great Again’ dan dasi yang tidak terikat. Dalam foto sampul tersebut, terdapat pula judul yang menyatakan bahwa mimpi buruk nasional bagi warga Amerika Serikat telah berakhir, sebab Trump telah dipecat.

Berdasarkan hasil penelusuran, New York Post tidak pernah merilis sampul menggunakan foto Trump dengan judul “You’re Fired”. Foto Trump yang digunakan merupakan foto ketika Trump baru saja kembali dari kampanye di Tulsa, Oklahoma, pada 21 Juni 2020 waktu setempat. Judul sampul yang menyatakan bahwa mimpi buruk nasional warga Amerika Serikat telah berakhir merupakan potongan dari pidato Gerald Ford ketika dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat pada tahun 1974 yang lalu. Sedangkan judul “You’re Fired” merupakan kalimat yang sering diucapkan oleh Trump saat mengeliminasi peserta acara ‘The Apprentice’.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat dalam situs Politifact dengan judul “No, the New York Post didn’t Run a ‘You’re Fired’ Cover” dan mengategorikannya sebagai false.

Kesimpulan

Foto Donald Trump dalam sampul New York Post berjudul "YOU'RE FIRED" adalah hoaks. New York Post tidak pernah merilis sampul menggunakan foto Trump dengan judul “You’re Fired”.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini