CEK FAKTA: Hoaks Email dari Bank Indonesia Janjikan Pencairan Dana Pinjaman Online

Senin, 23 Mei 2022 17:54 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Email dari Bank Indonesia Janjikan Pencairan Dana Pinjaman Online Gedung Bank Indonesia. Merdeka.com / Dwi Narwoko

Merdeka.com - Beredar email palsu yang mengatasnamakan Bank Indonesia. Modusnya, pelaku yang mengatasnamakan dari Bank Indonesia tersebut, meminta data calon korban dengan berpura-pura membantu memberikan pinjaman online.

Kemudian, calon korban diminta untuk memberikan data dan sejumlah dana terlebih dahulu, agar dana pinjaman dapat dicairkan. Nyatanya, cara ini hanyalah akal-akalan pelaku supaya dana tersebut masuk ke kantong pribadinya.

cek fakta hoaks email dari bank indonesia janjikan pencairan dana pinjaman online
Instagram @bank_indonesia

Bank Indonesia melalui akun Instagramnya @bank_indonesia menegaskan email csbankindonesia38@gmail.com bukanlah milik Bank Indonesia. Selain itu Bank Indonesia tidak memberikan pinjaman maupun pencairan dana ke masyarakat.

"Bank Indonesia tidak melakukan permintaan data melalui email, terutama terkait validasi kepemilikan akun pada perbankan. Silakan hubungi contact center resmi perbankan bersangkutan apabila menyangkut data simpanan atau pinjaman dan produk atau jasa perbankan lainnya," tulis akun Instagram @bank_indonesia, 18 Mei 2022.

Selain itu, jangan sembarangan memberi data pribadi juga ya, karena rawan disalahgunakan.

"Jangan ragu juga untuk hubungi #BICARA131 atau ikuti akun media sosial resmi Bank Indonesia yang cetang biru guna memastikan setiap informasi akurat seputar Bank Indonesia."

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini