Ditanya Raffi Ahmad, Ini Rahasia Kesehatan Rhoma Irama di Usia 75 Tahun

Sabtu, 26 Februari 2022 13:05 Reporter : Dian Rosadi
Ditanya Raffi Ahmad, Ini Rahasia Kesehatan Rhoma Irama di Usia 75 Tahun Potret Raffi Ahmad dan Rhoma Irama. ©2022 Merdeka.com/Instagram @raffinagita1717

Merdeka.com - Rhoma Irama begitu dikenal di dunia musik dangdut tanah air. Namanya begitu dikenal lewat karya-karyanya yang akrab di telinga publik. Rhoma bahkan sampai dijuluki 'Raja Dangdut'.

Rhoma Irama kini menginjak usia 75 tahun. Namun fisiknya masih sehat dan tetap bugar. Hal itu rupanya menjadi perhatian Raffi Ahmad untuk bertanya kepada Rhoma Irama.

Hal itu terungkap saat Raffi Ahmad diundang di channel youtube Rhoma Irama. Ini ulasan selengkapnya.

2 dari 3 halaman

Rhoma Irama Ditanya Raffi Ahmad soal Rahasia di Usia 75 Tahun

Raffi Ahmad bertanya kepada Rhoma Irama soal rahasianya sehat di usianya yang kini menginjak 75 tahun. Apalagi Rhoma masih sering tampil memenuhi undangan tampil.

"Saya cuma pengen tanya satu buah Pak Haji, ini juga buat saya dan buat kita semua nih. Di usianya Pak Haji alhamdulillah 75 tahun masih dikasih sehat, masih bisa jaga semua popularitas, apa sih itu rahasianya Pak Haji? Karena saya aja belum tentu nyampe 75 tahun loh Pak Haji ibaratnya, tapi ya usia semua juga pinginnya kita panjang umur tapi apa rahasianya di balik itu semua?" tanya Raffi Ahmad kepada Rhoma Irama.

Rhoma Irama menjawab pertanyaan Raffi. Dia menyebut jika salah satu rahasianya yakni selalu bersyukur.

"Oke tadi kita sambil jalan dari sana, kan Raffi tanya juga itu, saya cuman jawab bersyukur gitu kan. Kuncinya itu bersyukur. Kita jabarkan syukur itu, apa sih syukur itu. Syukur itu berterima kasih, berterima kasih kepada siapa, berterima kasih kepada Tuhan, kepada Allah. Karena apa, semua yang kita miliki, semua yang kita kuasai, semua kemampuan kita itu semuanya dari Allah, semua dari Allah," kata Rhoma Irama.

"Bahkan bernafas pun itu dari Allah. Apalagi suatu kreasi, otak ini yang menciptakan Allah, yang memberikan kreasi juga Allah, tangan bekerja dari Allah, semua dari Allah. Maka ada istilah Lahaulawalaquwataillabillah, engga daya upaya kecuali dengan Allah. Jangan sekali-kali kita mengatakan 'oh ini gue, karena gue, karena gue kerja keras, karena gue ini itu, no'. Itu faktor penunjang saja, faktor ikhtiar tpi decision maker adalah Allah," sambung Rhoma Irama.

Baca juga:
Terungkap Guru Silat Rhoma Irama, Ini Sosoknya Bukan Sembarang Orang
Ini Asal Mulanya Nama Pasha Ungu, Rhoma Irama Kaget 'Saya Baru Tahu Nama Anda'

3 dari 3 halaman

Semua Nikmati Datagnya dari Allah

Rhoma Irama menyebut jika semua nikmat seperti kesehatan, rezeki hingga inspirasi berasal dari Allah. Maka semua yang diberikan Allah harus disyukuri.

"Nah saya katakan kalau Raffi tanya apa sih resepnya, bersyukur, tadi udah saya ungkapkan barang siapa yang pandai bersyukur, La azidannakum, akan Aku tambahkan nikmati-nikmati itu. Itu janji Allah, La in syakartum la azidannakum. Kalau kamu pandai bersyukur, aku tambah nikmat itu. Nah nikmat dari Allah ini apa, banyak sekali. Inspirasi, itu dari Allah, kesehatan dari Allah, rezeki dari Allah. Mensyukuri itu semua saya katakan, laksanakan perintahnya jauhkan larangannya. Itu bersyukur," ucap Rhoma.

Selain itu juga lanjut Rhoma, passion yang diberikan Allah harus dijaga. Jangan sampai kualitasnya menurun.

"Kedua, apa yang Allah berikan kepada kita, passion kita apa, itu dari Allah. itu dijaga, ditingkatkan kualitas kita itu," katanya.

"Jadi jaga kualitas apa yang Allah berikan kepada kita pasiion kita, dijaga itu kualitasnya, mutunya, kualitasnya dijaga kemudian bersyukur tadi, laksanakan perintah Allah jauhi larangannya," imbuh Rhoma.

Baca juga:
Terungkap Guru Silat Rhoma Irama, Ini Sosoknya Bukan Sembarang Orang
Ini Asal Mulanya Nama Pasha Ungu, Rhoma Irama Kaget 'Saya Baru Tahu Nama Anda'

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini