Minum kopi saat mengemudi kurangi risiko kecelakaan
Orang yang minum kopi saat perjalanan panjang diketahui memiliki risiko kecelakaan lebih rendah.
Pengemudi yang melakukan perjalanan jarak jauh sebaiknya menyiapkan segelas kopi untuk menemani mereka. Penelitian menunjukkan bahwa pengemudi jarak jauh yang minum kopi memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami kecelakaan.
Peneliti dari Australia membandingkan 530 pengemudi jarak jauh yang pernah mengalami kecelakaan dan 517 pengemudi yang tidak pernah, seperti dilansir oleh BBC (20/03).
Penelitian yang diterbitkan oleh British MEdical Journal ini menemukan bahwa kopi dan minuman lain yang mengandung kafein bisa menurunkan risiko kecelakaan. Meski begitu, peneliti menekankan bahwa meminum kafein bukanlah pengganti tidur.
Dalam penelitian ini, lebih dari 30 persen pengemudi mengatakan mereka minum minuman berkafein ketika mengemudi. Sementara setengah dari mereka meminumnya agar tidak merasa ngantuk.
Pengemudi jarak jauh yang minum kopi untuk menghindari ngantuk menunjukkan bahwa risiko kecelakaan yang mereka miliki lebih rendah sekitar 63 persen dibandingkan pengemudi yang tidak mengonsumsi kafein. Hal ini diketahui peneliti setelah mempertimbangkan beberapa faktor seperti usia, pola tidur, jarak tempuh kendaraan, dan jumlah waktu istirahat yang diambil.
(mdk/kun)