Agus Gumiwang Kartasasmita

Foto:

Agus Gumiwang Kartasasmita


Nama Lengkap : Agus Gumiwang Kartasasmita

Alias : Agus Gumiwang

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Januari

Tanggal Lahir : Jumat, 3 Januari 1969

Zodiac : Capricorn

Warga Negara : Indonesia


Istri : Loemongga H. Salomons
BIOGRAFI

Agus Gumiwang Kartasasmita adalah seorang politikus Indonesia. Pria 43 tahun ini menjabat sebagai wakil ketua komisi I DPR periode 2009-2014. Agus adalah anak dari Ginandjar Kartasasmita. Selengkapnya


Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 11 Desember 2019 21:33:24 Menperin Agus: Industri 4.0 Tak Hilangkan Serapan Tenaga Kerja

    Menperin memaparkan, penerapan teknologi digital dalam Industri 4.0 justru menjadi sebuah alat untuk meningkatkan efisiensi proses produksi manufaktur, bahkan mampu mendongkrak daya saing industri itu sendiri.

  • Rabu, 11 Desember 2019 14:45:52 Menperin Agus Komitmen Dorong Implementasi B30 dan B100

    Kementerian Perindustrian konsisten mendukung pengembangan program pencampuran biodiesel sebanyak 30 persen dalam bahan bakar minyak jenis Solar (B30) di dalam negeri. Hal ini sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo untuk menekan impor minyak.

  • Rabu, 11 Desember 2019 14:14:02 Manfaatkan Industri 4.0, IKM Berkontribusi 10 Persen ke Ekonomi RI

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, bahwa Implementasi Making Indonesia 4.0 akan memberikan peluang besar bagi Indonesia untuk memajukan perekonomian nasional. Peluang tersebut tentunya harus dimanfaatkan tidak hanya industri besar, namun juga oleh industri kecil dan menengah.

  • Rabu, 11 Desember 2019 13:05:53 Menperin Agus Pastikan Industri 4.0 Tak Gerus Lapangan Kerja

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menceritakan momen pertamanya saat melakukan rapat kerja bersama dengan Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dia mengaku kaget mendengar pernyataan lucu yang disampaikan kepada anggota Komisi VI.

  • Rabu, 11 Desember 2019 12:17:01 Dukung Industri Kecil Menengah, Kemenperin Gelar Semarak Festival IKMA 2019

    Kementerian Perindustrian menggelar acara Semarak Festival Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) 2019, untuk mendukung kemajuan sektor IKMA secara nasional. Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Kemenperin untuk turut berperan dalam peningkatan daya saing produk serta sumber daya manusia.

  • Jumat, 29 November 2019 12:38:56 Menteri Agus Harap IIMS Motobike 2019 Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik

    Indonesia International Motor Show (IIMS) Motobike 2019 resmi dibuka hari ini hingga Minggu (1/12). Terdapat 14 produsen otomotif yang akan tampil, seperti Benelli, BF Goodrich electric bike, BMW Motorrad, Claveland Motowerks, Gesits, Honda, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Peugeot, Piaggio, Selis, Vespa, dan Yamaha.

  • Kamis, 28 November 2019 15:16:12 Menkop Teten Minta Impor Mesin Produksi Cangkul Bebas Pajak

    Pemerintah terus berupaya untuk memprioritaskan cangkul produksi lokal ketimbang terus mengimpornya dari luar negeri. Salah satu upayanya yakni dengan meminta agar impor mesin pembuat cangkul bisa terbebas dari pajak.

  • Jumat, 22 November 2019 10:28:50 Dua Industri Raksasa Korea Selatan Minat Investasi di Indonesia

    LG Chemical sudah melakukan kajian-kajian awal agar investasinya di Indonesia dapat sukses dan sesuai rencana. Korporasi raksasa asal Negeri Ginseng itu juga menyampaikan keinginannya untuk melakukan studi terkait penggunaan baterai listrik pada sepeda motor dalam mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan di RI.

  • Kamis, 21 November 2019 17:31:32 Menperin Minta Cabot Corporation Serap Banyak Tenaga Kerja Lokal

    Menurut Menperin, sektor industri dituntut jadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi Indonesia, sehingga kemudian harus bermuara pada penciptaan lapangan kerja.

  • Kamis, 21 November 2019 16:16:59 Menperin Harap Cabot Corporation Bisa Tekan Defisit Perdagangan Rp1,5 Triliun

    Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir pada kesempatan tersebut berharap, Cabot dapat bantu menekan defisit neraca perdagangan yang dialami negara, yakni dengan menghasilkan substitusi impor untuk produksi black carbon.

  • Selasa, 19 November 2019 15:32:54 Jepang Niat Investasi Rp40 Triliun di Indonesia Hingga 2023

    Kementerian Perindustrian menyatakan sejumlah pelaku industri skala besar Jepang akan investasi ke Indonesia mencapai total Rp40 triliun hingga 2023. Kemarin, Senin (18/11), Menperin Agus melakukan one on one meeting secara maraton dengan delapan korporasi asal Negeri Sakura di Tokyo, Jepang.

  • Selasa, 19 November 2019 15:01:02 Golkar Sebut Ketum Parpol Jabatan Sosial, Tak Masalah Rangkap Jadi Menteri

    Dia menjelaskan, ketua umum partai politik bukanlah jabatan negara.

  • Senin, 18 November 2019 11:07:20 Pemerintah Serius Tingkatkan Investasi Sektor Manufaktur

    Menperin menambahkan, selain gencar menarik investasi sektor industri padat karya, pemerintah juga aktif menggenjot pertumbuhan di sektor industri yang berorientasi ekspor dan menghasilkan produk substitusi impor.

  • Kamis, 7 November 2019 14:55:56 Kata Menperin Agus Gumiwang Soal Sertifikasi Halal

    Menteri Sosial Agus Gumiwang masih menimbang permintaan industri terkait sertifikasi kacamata halal. Hingga kini, permintaan sertifikasi halal tersebut masih dalam pembahasan dengan berbagai pihak. Beberapa produk memang membutuhkan fleksibilitas label produk halal.

  • Kamis, 7 November 2019 14:20:38 Menperin Bakal Wajibkan Belanja Cangkul Pemerintah Gunakan Produk Dalam Negeri

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) memprioritaskan industri dalam negeri daripada barang impor dalam proses produksi. Presiden Jokowi pun heran barang-barang yang mampu diproduksi oleh industri kecil dalam negeri, namun justru malah diimpor.

  • Selasa, 5 November 2019 15:56:40 Menko Airlangga Perintahkan Kementerian Kelautan dan Perikanan Serap Garam Petani

    Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mengatakan, Menko Airlangga meminta pihaknya untuk segara menyerap garam produksi rakyat. Hal tersebut penting dilakukan mengingat harga garam saat ini terjun bebas ke level terendah.

  • Rabu, 30 Oktober 2019 14:58:22 Aturan Perlindungan Produk Tekstil Lokal Tunggu Persetujuan Sri Mulyani

    Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, aturan perlindungan perdagangan dari banjirnya serbuan produk impor atau safeguard tinggal menunggu tandatangan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dengan adanya safeguard, nantinya impor tekstil akan dipungut bea masuk.

  • Senin, 28 Oktober 2019 11:55:31 Desentralisasi Kawasan Industri jadi Pekerjaan Rumah Menperin Agus Gumiwang

    Indef telah memetakan dua PR utama yang harus bisa diselesaikan Agus Gumiwang apabila ingin dibilang sukses sebagai Menperin, yaitu melakukan Desentralisasi Industri sekaligus Sentralisasi Perizinan agar investor sektor pengolahan tertarik masuk ke Indonesia.

  • Kamis, 24 Oktober 2019 19:26:43 Pengusaha Harap Agus Gumiwang Mampu Genjot Industri Baja Dalam Negeri

    Sekretaris Jenderal Asosiasi Roll Former Indonesia (ARFI), Nicholas Kesuma, berharap Agus Gumiwang mampu mendorong sektor industri baja dalam negeri bisa berkembang lebih baik. Melihat persoalan yang kini masih ada, nampaknya mantan menteri sosial itu memiliki pekerjaan rumah yang cukup banyak.

  • Kamis, 24 Oktober 2019 16:48:33 Strategi Agus Gumiwang Genjot Pertumbuhan Industri RI

    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, dirinya berencana merevitalisasi industri manufaktur untuk menumbuhkan perindustrian. Selain itu, Presiden Jokowi juga mengarahkan penciptaan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menjawab kebutuhan industri 4.0 ke depan.

Berita Selengkapnya

Foto Selengkapnya