Telkomsel berencana luncurkan teknologi 4G-LTE di akhir 2014 ini

    Reporter : Dwi Andi Susanto | Senin, 21 Juli 2014 12:28




    Telkomsel berencana luncurkan teknologi 4G-LTE di akhir 2014 ini
    4G-LTE. ©2013 Merdeka.com

    Merdeka.com - Walaupun gaungnya sudah terdengar sejak beberapa tahun lalu, namun teknologi 4G-LTE sampai saat ini masih belum digulirkan secara bebas. Akan tetapi, PT Telkomsel nampaknya akan mulai menggelontorkan teknologi tersebut untuk umum.

    4G-LTE atau 4 Generations - Long Term Evolution atau juga memiliki nama 3GPP Long Term Evolution ini merupakan teknologi standard komunikasi nirkabel berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA untuk akses data kecepatan tinggi menggunakan telepon seluler mau pun perangkat mobile lainnya (Wikipedia).

    Walaupun sudah banyak negara-negara di dunia yang menggunakannya dan bahkan ada yang sudah mengambil ancang-ancang untuk pakai teknologi 5G, namun sampai sekarang 4G-LTE masih belum digulirkan secara bebas untuk umum.

    Namun, Telkomsel memiliki rencana untuk meluncurkan layanan telekomunikasi menggunakan teknologi ini di akhir tahun 2014 atau di awal tahun 2015 mendatang.

    Direktur Sales Telkomsel Ma'sud Khamid menyatakan bahwa Bali akan menjadi tempat pertama yang akan digunakan sebagai venue untuk meluncurkan 4G-LTE ini dan kemudian akan disusul 6 kota besar di Indonesia lainnya.

    "Kami pilih Bali karena banyak wisatawan asing dari berbagai negara yang berkunjung ke sana, sehingga mereka nantinya bisa menikmati layanan 4G tersebut. Ini sekaligus upaya Telkomsel untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia sudah menerapkan layanan teknologi terdepan dalam telekomunikasi," katanya, seperti dikutip dari Antara (20/07).

    Selain itu, lanjut Ma'sud, pemilihan Bali sebagai lokasi peluncuran layanan 4G, karena sebelumnya Telkomsel juga telah sukses mengujicobakan jaringan LTE saat pelaksanaan KTT APEC yang berlangsung di Pulau Dewata pada tahun 2013.

    "Setelah Bali, pada triwulan pertama tahun 2015, layanan 4G akan diluncurkan di enam kota besar lainnya, masing-masing Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Yogyakarta dan Manado," ujar Ma'sud yang didampingi Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali, Yetty Kusumawati.

    Saat ini, pihaknya terus menyiapkan infrastruktur jaringan untuk menyongsong peluncuran layanan 4G yang sebelumnya telah digunakan di beberapa negara.

    Layanan LTE atau 4G merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan yang membutuhkan kecepatan akses, terutama pengguna data, yang beberapa tahun terakhir pertumbuhannya cukup pesat. Layanan ini menawarkan "theoretical download speed" berkecepatan 75-100 Mbps dan "typical download speed" yang berkisar 3-12 Mbps.

    "Jaringan 4G mampu mengirimkan data dengan kecepatan hingga lima kali lipat dari yang dimiliki jaringan 3G. Saat ini, beberapa perangkat telepon seluler pintar (smartphone) yang dijual di pasaran juga sudah didukung dengan teknologi tersebut," tambahnya.

    [das]
    Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


    JANGAN LEWATKAN BERITA
    Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

    Let's be smart, read the news in a new way.
    Tutup
    Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
    Kirim ke

    Free Content

    • URL Blog

    • Contoh : merdeka.wordpress.com

    • Email

    • Password


    saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







    Komentar Anda


    Be Smart, Read More
    Back to the top

    Today #mTAG
    LATEST UPDATE
  • Jadi tersangka, Bambang Widjojanto bilang harus mulai tahu diri
  • KPK yakin penyelidikan SKL BLBI tetap jalan
  • Vakum basket, hobi baru Denny Sumargo lebih menantang!
  • Anang Hermansyah minta Badan Ekonomi Kreatif berantas pembajakan
  • 100 Hari berkuasa, berita soal Jokowi dominan negatif
  • Bambang Widjojanto tak akan mangkir bila dipanggil Bareskrim
  • Depok rawan begal motor, ini tips dari polisi melintasi Jl Margonda
  • Ditolak DPRD, Ahok ngotot bangun Light Rail Transit
  • Kena Nefrotik Sindrom, anak Wulan Guritno makin membaik
  • Djarot mengaku ada yang mencatut namanya untuk menipu
  • SHOW MORE