Komparasi spek iPhone 5 vs Lumia 920 vs Galaxy S3

Reporter : Ikhwan Arief Prihastian | Kamis, 13 September 2012 12:34




Komparasi spek iPhone 5 vs Lumia 920 vs Galaxy S3
iPhone 5 vs Galaxy S3 vs Lumia 920. ©2012 gsminsider.com

Merdeka.com - Apple telah meluncurkan smartphone terbarunya, iPhone 5. Smartphone itu menjadi harapan Apple untuk menguasai kembali pasar smartphone dunia. Beberapa peningkatan dilakukan untuk meningkatkan performa sehingga tidak kalah dibanding rivalnya, Samsung Galaxy S3 dan Nokia Lumia 920.

Apple iPhone 5, Nokia Lumia 920 dan Samsung Galaxy S3 merupakan flagship smartphone masing-masing pabrikan. Ketiganya juga membawa sistem operasi yang berbeda. iPhone 5 dengan iOS 6, Lumia 920 dengan Windows Phone 8, dan Galaxy S3 dengan Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich. Pertarungan di antara ketiganya seolah melambangkan siapa yang paling unggul di pasar smartphone.

Prosesor.

Apple dilengkapi prosesor Apple A6 yang merupakan pengembangan dari prosesor ARM Cortex-A9 yang dipakai oleh Samsung Galaxy S3. Prosesor Apple tersebut walau belum jelas spesifikasinya dipercaya berkekuatan 1,5 GHz dual-core. Galaxy S3 versi internasional menggunakan prosesor quad-core ARM Cortex-A9 1,4 GHz dengan pengolah grafis ARM Mali-400 MP. Nokia Lumia 920 menggunakan prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon S4 1,5 GHz. Prosesor Nokia Lumia tersebut sama dengan yang Galaxy S3 versi Amerika Serikat.

Tampaknya performa ketiganya relatif berimbang. Namun Apple A6 milik iPhone 5 yang merupakan pengembangan prosesor Galaxy S3 nampaknya sedikit unggul.

RAM.

Samsung Galaxy S3 membawa memori terbesar dengan 2GB RAM sedangkan Nokia hanya 1 GB RAM. Sayangnya unit memori RAM yang dibawa oleh Apple belum diketahui.

Layar.

Layar Retina Display milik iPhone 5 berukuran 4 inchi 1136 x 640 pixel. Sedangkan Galaxy S3 membawa sebuah 4,8 inchi HD super AMOLED yang memiliki resolusi 1280 x 720 pixel. Lumia 920 menggunakan sebuah layar 4,5 inchi PureMotion HD+ dengan resolusi 1280 x 768 pixel.

Dari spesifikasi terlihat layar Galaxy S3 memang yang terbesar. Namun untuk kepadatan pixel Nokia Lumia pemenangnya adalah Lumia 920 (332 dpi) diikuti iPhone 5 (326 dpi) lalu Galaxy S3 (306 dpi).

Baterai.

Samsung tampaknya menjadi pemenang pada bagian baterai. Galaxy S3 dilengkapi sebuah baterai 2.100 mAh. Baterai Nokia sedikit di bawah dengan 2.000 mAh sedangkan spesifikasi baterai iPhone 5 belum diketahui.

Baterai Galaxy S3 diklaim memiliki waktu stand-by 790 jam, dan waktu bicara 11,8 jam. Lebih baik dari Lumia 920 yang memiliki waktu stand-by 300 jam dan waktu bicara 10 jam. Baterai iPhone 5 sendiri menawarkan waktu stand-by 225 jam dan waktu bicara 8 jam.

Penyimpanan data.

Samsung tampaknya paling royal dalam urusan penyimpanan data. Galaxy S3 selain dilengkapi pilihan penyimpanan internal 16, 32 dan 64 GB juga menyediakan sebuah slot microSD untuk tambahan. iPhone memiliki pilihan penyimpanan 16, 32 dan 64 GB sama seperti Galaxy S3 sedangkan Lumia 920 hanya memiliki penyimpanan 32 GB. Berbeda dengan Galaxy S3, Lumia 920 dan iPhone 5 tidak menyediakan slot tambahan.

Selain beberapa faktor di atas, ketiga smartphone memiliki kamera dengan sensor 8 MP. Selain itu ketiganya juga dilengkapi koneksi 4G LTE.

Lalu menurut Anda mana smartphone yang paling unggul?

[ikh]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Tak bersama Prabowo, dimana Hatta berada?
  • Wenger: Arsenal tak butuh Balotelli
  • Mahfud MD: Gagal, saya sudah mengembalikan mandat
  • Mahfud mundur dari ketua Timkamnas Prabowo,diganti Yunus Yosfiah
  • IHSG anjlok setelah Prabowo tolak proses Pilpres
  • Kubu Jokowi sebut Prabowo tak dewasa tolak pilpres
  • Hasma, makanan penutup ala China dari saluran telur kodok
  • Usai saling pukul dengan istri, Andi tewas gantung diri
  • SBY: Demokrasi kita tidak menaburkan kebencian
  • Saksi kubu Prabowo walk out dari rekapitulasi KPU!
  • SHOW MORE