Industri Telekomunikasi dan Game di Indonesia Diprediksi akan Terus Tumbuh Pesat
Industri telekomunikasi dan game di Indonesia tengah mengalami perkembangan yang luar biasa di Asia. Dengan semakin berkembangnya digitalisasi dan jumlah pemain game yang bertambah, serta dukungan dari ekosistem yang kuat, kedua industri ini diprediksi akan terus tumbuh dengan pesat.
Telekomunikasi Berkembang Seiring Digitalisasi di Indonesia
Pada tahun 2021, sektor informasi dan komunikasi menyumbang sekitar Rp 748,75 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Ini menunjukkan peningkatan secara bertahap sejak tahun 2014. Bahkan di tengah pandemi COVID-19 dan kondisi ekonomi yang sulit, sektor ini terus berkembang.
Pemerintah Indonesia giat membangun infrastruktur dan akses telekomunikasi. Program utama "Peta Jalan Indonesia Digital 2022-2024" menjadi bukti nyata. Saat ini, Indonesia memiliki lebih dari 100 ribu menara BTS yang tersebar di seluruh negeri, yang memberikan akses internet ke lebih dari 94% kota di Indonesia.
Selain itu, Indonesia sedang memperkenalkan teknologi jaringan 5G untuk internet lebih cepat dan jangkauan jaringan yang lebih baik. Prospek industri telekomunikasi semakin menjanjikan dengan pertumbuhan pelanggan, baik dalam penggunaan internet maupun smartphone sebagai alat utama untuk mengakses internet.
Jumlah Pengguna Smartphone Terbanyak di Dunia
Indonesia berada di peringkat keempat negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak di dunia, setelah China, India, dan Amerika Serikat. Pada tahun 2022, tercatat 192,15 juta pengguna smartphone di Indonesia.
Peningkatan Jumlah Pemain Game
Pendapatan pasar game mobile di Indonesia diperkirakan akan tumbuh sebesar 7,66% tahunan dari 2022-2027, mencapai volume pasar sekitar US$1,161 miliar pada tahun 2027. Minat pada game online di Indonesia cukup tinggi, dengan pemain Indonesia menghabiskan satu hingga dua jam dalam setiap sesi permainan. Game gratis (free-to-play) adalah favorit di Indonesia.
berita untuk kamu.
Rata-rata waktu bermain game di Indonesia per hari adalah sekitar 1 jam 19 menit pada tahun 2022, naik 3,9% dari tahun sebelumnya. Selain itu, masyarakat Indonesia menghabiskan sekitar 8,54 jam per minggu untuk bermain video game, melebihi rerata global sebesar 8,45 jam per minggu.
Game dan Esports sebagai Pekerjaan
Industri esports terus tumbuh dan dinikmati oleh berbagai kalangan usia dan sosial. Bermain game, termasuk esports, sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Selain hiburan, industri ini juga menciptakan lapangan kerja baru.
Pertumbuhan esports di Indonesia mendapat dukungan besar dari pemerintah. Esports bukan hanya gaya hidup, tapi juga profesi. Pemain esports profesional memiliki keahlian khusus untuk berkompetisi di game. Para pemain esports ini disebut pro gamers atau atlet esports.
Pro gamers bisa mendapatkan pendapatan tinggi dari turnamen, sponsor, dan donasi streaming. Esports telah diakui sebagai bagian dari olahraga digital di Indonesia.
- Rizky Wahyu Permana
KawanJuangGP telah mempersiapkan hadiah jutaan rupiah kepada para pemenang dalam kompetisi gaming ini.
Baca SelengkapnyaWishnutama menantang anak muda Indonesia untuk dapat menciptakan aplikasi game baru, dalam rangka mewujudkan ambisi besar Indonesia sebagai negara maju di 2045.
Baca SelengkapnyaBerikut salah satu strategi Telkomsel dukung industri e-sports Indonesia.
Baca Selengkapnyavideo untuk kamu.
Pemerintah terus melakukan kerja sama dengan berbagai paltform teknologi asing
Baca SelengkapnyaWali Kota Khairul berhasil melakukan elektronifikasi dan mengadaptasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.
Baca SelengkapnyaTelkom memperkenalkan platform bernama Indibiz yang merupakan sebuah ekosistem solusi digital dunia usaha di Indonesia.
Baca SelengkapnyaKesempatan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia untuk mendunia semakin terbuka lebar.
Baca SelengkapnyaPemerintah Indonesia kembali mempertegas target untuk mencapai digitalisasi 30 juta pelaku UMKM pada 2024.
Baca SelengkapnyaJumlah serangan siber ke Indonesia mencapai 13,2 miliar pada tahun 2022 lalu.
Baca Selengkapnya