12 Penyakit manusia yang ditularkan hewan

Reporter : Destriyana | Kamis, 20 September 2012 20:15




12 Penyakit manusia yang ditularkan hewan
Ilustrasi kucing. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Hewan membawa penyakit yang bisa ditularkan pada manusia. Makanan atau air yang terkontaminasi kotoran hewan bisa menularkan beragam penyakit pada manusia. Sebagian dari mereka juga membawa penyakit dan parasit yang mudah ditularkan ke manusia. Berikut adalah 12 penyakit manusia yang ditularkan oleh hewan, seperti dilansir Mother Nature Network.

1. Penyakit lyme

Penyakit lyme adalah salah satu jenis penyakit yang ditularkan melalui perantara berupa kutu (Ixodes paficius).

2. Psittacosis (parrot fever)

Psittacosis adalah infeksi yang disebabkan oleh Chlamydia psittaci, jenis bakteri yang ditemukan dalam kotoran burung, seperti parkit dan makaw.

3. Q fever

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Coxiella burnetii, jenis bakteri yang menyerang manusia dan hewan. Organisme tersebut dapat ditemukan pada sapi, domba, kambing, kucing, dan anjing.

4. Rabies atau penyakit anjing gila

Rabies adalah penyakit virus yang umumnya ditularkan melalui gigitan hewan yang terinfeksi. Di Indonesia, penularan rabies biasanya ditemukan pada gigitan anjing yang terinfeksi.

5. Campylobacteriosis

Campylobacteriosis disebabkan oleh bakteri Campylobacter, yang ditemukan pada makan mentah atau kurang matang dan daging unggas.

6. Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit bakteri yang dibawa oleh hewan peliharaan ketika terkena kontak dengan bakteri tersebut. Contohnya, ketika mereka sedang minum, berenang atau berjalan melalui air yang terkontaminasi atau tertular dari hewan yang terinfeksi.


7. Salmonellosis

Anda tentu pernah mendengar tentang bakteri yang dikenal dengan sebutan Salmonella. Bakteri ini biasanya ditemukan pada makanan yang terkontaminasi atau telur mentah.

8. Toksoplasmosis

Toxoplasma gondii adalah protozoa yang paling sering menginfeksi kucing atau hewan berdarah panas. Kotoran kucing bisa menyebarkan parasit ini pada manusia dan menyerang jaringan otak dan otot.

9. Kurap

Ini adalah salah satu jenis infeksi jamur yang ditularkan dengan mudah dari hewan peliharaan yang terinfeksi atau dari manusia.

10. Cacing gelang

Kotoran hewan berpotensi membawa telur atau larva cacing gelang. Larva cacing bisa masuk melalui kulit lho. Gejalanya meliputi demam, batuk, asma, dan/atau pneumonia.

11. Cacing pita

Infeksi cacing pita disebabkan oleh kebiasaan makan daging mentah atau setengah matang yang berasal dari hewan yang terinfeksi, terutama daging babi dan sapi.

12. Cacing tambang

Cacing tambang biasanya ditemukan pada anjing atau kucing, terutama yang berusia relatif muda. Telur dan larva cacing ditularkan oleh hewan melalui kotoran mereka. Anda bisa terinfeksi jika berjalan tanpa alas kaki diatas tanah yang terkontaminasi.

Dua belas penyakit di atas bisa ditularkan melalui kontak langsung atau tidak langsung dengan hewan. Maka, jagalah kebersihan lingkungan Anda dan bersihkan kandang hewan peliharaan secara berkala.

[des]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Pembeli motor curian ini diamankan saat urus balik nama BPKB
  • Mandiri Sekuritas pede bisa raup 50 ribu investor tahun ini
  • Di 5 momen ini Prabowo nyatakan siap kalah pilpres
  • Di Bali, Raffi Ahmad gelar resepsi di Tabanan
  • Potret musisi musuh umat Kristiani
  • Fotografi, teknik menangkap cahaya yang sedang naik daun
  • Syuting di Brunei, inilah yang dibawa pulang oleh Reza Rahadian
  • Bos Sido Muncul buru sepeda onthel Jokowi
  • Suami Mariah Carey akui pernikahannya sedang di ujung tanduk
  • Hari ini tiket Running Man bisa didapat, ini harganya!
  • SHOW MORE