10 Manfaat kesehatan dari teh kembang sepatu

Reporter : Destriyana | Rabu, 13 Februari 2013 16:33




10 Manfaat kesehatan dari teh kembang sepatu
Ilustrasi teh kembang sepatu. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/matka_Wariatka

Merdeka.com - Hibiscus atau lebih sering disebut kembang sepatu, merupakan jenis tanaman bunga yang kerap ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Kembang sepatu memiliki variasi warna yang cukup beragam, seperti merah, kuning, putih, dan lain-lain. Kembang sepatu biasanya juga digunakan untuk mengobati masalah rambut rontok. Namun, kembang sepatu juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita lho, misalnya teh kembang sepatu. Berikut adalah manfaat teh kembang sepatu untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir Boldsky.

1. Obat alami untuk pilek, flu batuk, dan demam. Teh herbal ini dapat mengobati flu dan demam yang sedang Anda derita.

2. Teh kembang sepatu mengurangi sensasi terbakar dalam tubuh wanita sebagai tanda awal menopause. Wanita juga dapat menikmati manfaat kesehatan dari teh herbal ini setelah menopause. Teh ini dapat memberi efek yang menenangkan serta mendinginkan tubuh.

3. Kaya akan antioksidan. Teh kembang sepatu dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Kembang sepatu juga dikenal sebagai penambah energi lho. Bunga-bunga berwarna merah merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, yang dapat menaikkan metabolisme dan energi tubuh.

5. Penurun kolesterol jahat. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Chung Shan Medical University di Taiwan menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam kembang sepatu dapat mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

6. Kembang sepatu adalah obat alami untuk hipertensi. Teh herbal ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi yang secara otomatis menurunkan tingkat stres dan hipertensi.

7. Kembang sepatu juga tergolong makanan yang bergizi karena menjadi sumber makanan yang kaya akan vitamin C, mineral, dan antioksidan. Nutrisi tersebut juga dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan.

8. Bahkan, keluhan umum seperti sakit tenggorokan dan batuk bisa disembuhkan dengan minum teh herbal ini.

9. Mengatasi rambut rontok. Konsumsi teh kembang sepatu secara teratur juga dapat mencegah rambut rontok. Namun, Anda juga bisa menggunakannya sebagai bahan masker rambut. Rebus kembang sepatu dan kemudian basuh air rebusan tersebut pada rambut. Cara ini membantu mengobati rambut rontok.

10. Kembang sepatu juga sering digunakan sebagai obat alami untuk jerawat. Jika Anda ingin melawan jerawat, rendam kembang sepatu di dalam air selama beberapa jam dan kemudian haluskan menjadi pasta. Campur dengan madu dan oleskan pada kulit yang berjerawat.

Ini adalah manfaat kesehatan dari kembang sepatu. Tanamlah tanaman bunga berwarna cerah ini di kebun Anda untuk menikmati keindahan serta manfaat kesehatan darinya.

[des]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Nampak seperti surga, kembaran Bumi ini lebih mirip neraka
  • Usut kasus Annas Maamun, KPK geledah kantor PT DPN di Pekanbaru
  • Dianggap sebagai titisan, lukisan Soekarno & Jokowi disandingkan
  • Ketemu gendruwo, Lia Emilia tak bisa teriak
  • Jokowi mulai e-blusukan, sapa warga di Sentani sampai Bali
  • Ini alasan Facebook tak akan pernah buat tombol 'Dislike'
  • Nekat serang polisi pakai pisau, perampok nasabah bank didor
  • Selamat! Judika dan Duma Riris dianugerahi putri pertama
  • ICW minta Jokowi tunda pengumuman kabinet
  • Listrik mati di Jateng karena gardu di Ungaran tersambar petir
  • SHOW MORE