10 Hal yang membuat seseorang merasa tua

Reporter : Rizqi Adnamazida | Rabu, 7 November 2012 18:53




10 Hal yang membuat seseorang merasa tua
Ilustrasi orang tua. ©2012 Shutterstock/frantab

Merdeka.com - Usia seseorang memang tidak bisa diprediksi. Tetapi ternyata beberapa hal yang Anda lakukan biasanya membuat Anda merasa lebih tua daripada umur yang sebenarnya. Seperti apa? Simak ulasannya seperti yang dilansir dari Care2.com (06/11) berikut ini.

Malas bergerak
Tidak mau berolahraga biasanya membuat tubuh mudah lelah jika dipaksa melakukan aktivitas fisik. Anda pun merasa bahwa Anda sudah tua dan tidak sanggup bergerak aktif seperti anak muda.

Malas berpikir
Sebelumnya sebuah penelitian menyebutkan pikun bisa menyerang Anda yang meskipun masih berusia 30-an. Apa sebabnya? Ternyata hal itu disebabkan oleh semakin banyaknya orang yang malas berpikir.

Pola makan buruk
Saran makan sayuran, buah-buahan, gandum, dan makanan bernutrisi lainnya sudah sering Anda dengar untuk menjaga kesehatan. Namun jika Anda mengabaikannya, tentu saja Anda akan mudah terserang penyakit dan merasa sistem imun memburuk seperti orang tua.

Sering stres
Stres adalah salah satu hal yang membuat Anda merasa tua. Untuk menghindarinya, jangan ragu melakukan meditasi atau mengambil kelas yoga sebelum depresi ikut mempengaruhi kondisi fisik.

Berpikiran negatif
Hampir sama seperti stres, berpikiran negatif juga membuat Anda merasa tua. Jadi mulai sekarang sebaiknya Anda lebih sering berpikiran positif dan jangan malas untuk bersyukur.

Minum alkohol
Banyak peneliti yang menyebutkan kalau alkohol baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah tepat. Tetapi kalau Anda minum alkohol secara berlebihan, hal itu bisa berdampak pada kondisi fisik dan membuat Anda merasa tua.

Perokok pasif
Ada baiknya jika Anda yang tidak merokok menjauhi komunitas para perokok. Pasalnya menjadi perokok pasif juga membahayakan kesehatan paru-paru dan mempengaruhi penuaan dini.

Polusi
Polusi merupakan salah satu hal yang membuat Anda merasa tua. Sebab sama seperti perokok pasif, Anda sebaiknya menghindari area sumber polusi agar tidak berdampak pada kondisi fisik.

Obat tertentu
Suka mengonsumsi obat tidur jika insomnia? Hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga. Pasalnya jenis obat tertentu memberi dampak buruk bagi kesehatan, sehingga Anda merasa cepat menua.

Sejarah keluarga
Beberapa jenis penyakit yang diturunkan memang sulit dihindari. Namun Anda bisa menundanya dengan melakukan gaya hidup sehat agar penuaan berjalan normal seperti biasanya.

Perubahan gaya hidup yang sepele bisa jadi meningkatkan kualitas kesehatan fisik dan mental Anda. Sehingga meskipun secara usia Anda sudah tua, bukankah menyenangkan jika Anda masih tetap bugar seperti anak muda?

[riz]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Bawa sabu di kemaluan, ibu muda asal Thailand divonis 12 tahun
  • Dibayar Rp 5,5 juta tiap bulan, B.A.P gugat agensi
  • Daripada ribut, Hajriyanto wacanakan munas Golkar kompromi
  • Menteri Susi akui cuma menggertak soal usul keluar dari G20
  • Menteri Susi curhat Ekspor ikan RI cuma nomor 5 di ASEAN
  • Tragis, 3 pekerja wanita disiksa dan diberi makan dedak di Medan
  • Hajriyanto mundur dari Presidium Penyelamat Partai Golkar
  • Kasus korupsi Transjakarta, aset Udar di Bogor disita Kejagung
  • Rahasia langsing Syahrini, selalu bawa coolbox
  • Dianggap tak becus, Nusron Wahid ditolak TKI di luar negeri
  • SHOW MORE