SBY minta Kasad baru jaga netralitas di Pemilu 2014

Reporter : Yulistyo Pratomo | Senin, 20 Mei 2013 15:19

SBY minta Kasad baru jaga netralitas di Pemilu 2014
Letjen Moeldoko. ©unnes.ac.id

Merdeka.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengangkat Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal Moeldoko menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad). SBY pun berpesan agar TNI AD netral dalam Pemilu 2014 mendatang.


"Menghadapi Pemilu 2014 presiden menekankan adanya TNI AD yang netral dan tidak berpolitik praktis sebetulnya ini sudah ditunjukkan pada pelaksanaan 2009, kalau 2009 bisa kenapa 2014 tidak bisa. Itulah poin yg disampaikan presiden kepada saya dan Letjen Moeldoko," ujar Kasad Pramono Edhie kepada wartawan di kompleks Istana, Senin (20/5).

SBY juga berharap Kasad yang baru juga memikirkan kesejahteraan anggota dan keluarganya. Dengan begitu prajurit YNI khususnya AD bisa bekerja dengan profesional.

"Penting jaga kekompakan internal TNI AD, TNI dengan rakyat, TNI darat, laut dan udara juga dengan Kepolisian mungkin ini perlu dalam memberikan bantuan kepada Kepolisian agar tidak terkendala," terangnya adik Ipar SBY ini.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengangkat Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal Moeldoko menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

"Saya telah menyetujui rekomendasi Panglima TNI. Di mana Pramono Edhie Wibowo akan mengakhiri masa baktinya dan masuki masa pensiun dan harus ada pengganti, saya memutuskan mengangkat Letnan Jenderal Moeldoko, sekarang Wakil Kasad untuk jadi Kasad menggantikan Jenderal Pramono Edhie Wibowo," kata SBY saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/5).

SBY menjelaskan, Letjen Moeldoko segera dilantik pada Rabu (22/5) mendatang setelah Jenderal Pramono resmi meletakkan jabatannya. Moeldoko sendiri sudah menjalani fit and proper test secara langsung.

"Pelantikan akan saya laksanakan lusa, Rabu 22 Mei 2013 mendatang," ungkap SBY.

[hhw]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# TNI

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE