UMKM Binaan Astra Ekspor Perdana Produk Senilai Rp6,5 Miliar

Kamis, 18 Agustus 2022 10:07 Reporter : Anisyah Al Faqir
UMKM Binaan Astra Ekspor Perdana Produk Senilai Rp6,5 Miliar Ekspor Impor. ©shutterstock.com

Merdeka.com - Direktur PT Astra International Tbk, Gita Tiffany Boer menyebut 3 Desa Sejahtera Astra (DSA) di Sulawesi berhasil menjual produk hasil lautnya ke luar negeri. Tiga desa tersebut antara lain DSA Wakatobi, DSA Bombana, dan DSA Bone yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Tanggal 12 Agustus kemarin, untuk pertama kalinya dilakukan ekspor produk dari desa astra di Makassar, Sulawesi Selatan," kata Gita dalam sambutan Hari UMKM dan HUT Ke-77 RI, Jakarta, Kamis (18/8).

DSA Wakatobi tercatat mengekspor 27 ton rumput laut senilai Rp 450 juta dengan tujuan China. Tak hanya itu, produk perikanan DSA Wakatobi juga dikirim ke Amerika Serikat sebanyak 14 ton atau senilai Rp 1,4 miliar. "Ekspor rumput laut dari DSA Wakatobi dikirim ke Amerika Serikat," kata Gita.

Sementara itu, DSA Bombana dan DSA Bone mengekspor 12 ton produk minyak nilam ke India dan Pakistan. Nilai ekspor perdana tersebut tercatat mencapai Rp 4, miliar. "Produk minyak nilam diekspor dari DSA Bombana dan DSA Bone ke India dan Pakistan," katanya.

Sehingga, total ekspor yang baru dilakukan pekan lalu itu bernilai Rp 6,5 miliar. Ekspor ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menambah devisa negara, khususnya di sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan.

Hingga kini, kata Gita, Astra telah melakukan pembinaan kepada 15 ribu lebih UMKM. Sebanyak 878 diantaranya merupakan pelaku usaha yang menyandang disabilitas. Keberpihakan ini dilakukan Astra dalam rangka mendorong pertumbuhan wiraswasta Astra. [azz]

Baca juga:
Tips Sukses bagi UMKM ala Pemilik Martabak Pecenongan 78
Bantu Ekonomi Rakyat, Ganjar Minta BUMD Jateng Bikin Skema yang Mudah
Cicipi Makanan Amerika Latin ala Rumahan, Cukup PO di Uno Mas Latin Food
Kisah Rina, Pebisnis UMKM Tintin Chips Pekerjakan Komunitas Difabel
Begini Strategi BUMN Peruri Dorong Pelaku UMKM Naik Kelas di Era Industri 4.0
Jokowi Minta Perusahaan Decacorn dan Unicorn Bantu UMKM Go Digital

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini