Tips Bijak Gunakan Dompet Digital Agar Tak Boros

Minggu, 27 November 2022 10:41 Reporter : Sulaeman
Tips Bijak Gunakan Dompet Digital Agar Tak Boros Ilustrasi SMS. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/canonzoom

Merdeka.com - Transaksi keuangan semakin mudah dilakukan berkat kehadiran e-wallet atau dompet digital. Sebab, dompet digital layaknya seperti uang tunai bisa digunakan sebagai alat pembayaran untuk melakukan transaksi keuangan seperti membayar listrik, pulsa, pembelian barang dan jasa pada merchant online/e-commerce.

Terlebih, sekarang sudah banyak pula merchant offline yang menerima pembayaran melalui dompet digital. Alhasil, jumlah pengguna dompet digital terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu

Meskipun begitu, Anda perlu bijak dalam menggunakan dompet digital. Sebab, banyak sekali orang yang terjebak dalam perilaku konsumtif dan boros akibat terlalu sering memanfaatkan dompet digital. Berikut tips bijak menggunakan dompet digital agar tidak boros.

Pertama, tetapkan budget dompet digital dengan membatasi top up saldo sesuai kebutuhan. Hal ini untuk memastikan transaksi yang digunakan melalui layanan dompet elektronik sesuai kebutuhan.

"Misalnya saat gajian Sobat melakukan top up dompel sebesar Rp 1 juta rupiah untuk transportasi dan makanan. Pastikan saldo ini cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan, jadi jangan dipakai untuk kebutuhan lain ya," tulis OJK melalui laman sikapiuangmu.ojk.go.id, dikutip Minggu (27/11),

Kedua, lakukan monitoring pengeluaran secara berkala. Cara ini agar kamu dapat mengetahui seluruh aktivitas transaksi yang digunakan telah sesuai dengan kebutuhan. "Jika saldo menipis perlu berhemat dan hindari melakukan top up saldo yang melebihi budget yang telah ditetapkan," ucap OJK.

Ketiga, Manfaatkan fitur cashback/promo yang berlaku di masing-masing layanan dompet digital untuk setiap transaksi yang diperlakukan. Penggunaan promo ini agar saldo kamu lebih hemat.

"Misalnya, jika promosi tersebut untuk naik ojek online atau membeli barang kebutuhan, maka tidak ada salahnya memanfaatkan promo supaya lebih hemat. Namun jika promo tersebut untuk makanan viral atau pembelian barang yang tidak terlalu penting, lebih baik dipikir-pikir dulu supaya tidak impulsif," kata OJK.

Baca juga:
Stop Panik, Lakukan Persiapan Ini untuk Menghadapi Prediksi Resesi Global Tahun Depan
Sebelum Mulai Bisnis Dropship, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya
Mengenal Jenis-jenis Uang Elektronik, Ketahui Pengertiannya
Survei: Anak Muda Lebih Suka Layanan Pay Later Dibanding Kartu Kredit

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini