Telkomsel: Indonesia Perlu Siapkan Diri Hadapi Perkembangan Teknologi

Kamis, 3 Oktober 2019 14:38 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Telkomsel: Indonesia Perlu Siapkan Diri Hadapi Perkembangan Teknologi Telkomsel. ©2012 Telkomsel

Merdeka.com - General Manager Digital Advertising Telkomsel, Ade Parulian mengingatkan bahwa Indonesia perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi perkembangan teknologi dan industri digital. Tren-tren baru yang muncul perlu disikapi dengan baik.

"Apa kita sungguh mampu mengarahkan perkembangan industri digital. Jawaban mudahnya adalah tidak. Tapi bukan soal apakah kita mampu mengarahkan, tapi kita harus mampu mengarahkan," ungkapnya dalam sesi 'Marketing Mobile Associtation Forum Indonesia 2019', di Jakarta, Kamis (3/10).

"Kita harus menyiapkan diri untuk bisa mengelola tren baru. Tren bisa datang dari luar Indonesia. Jadi kita hanya perlu ikut," kata dia.

Sebagai contoh, dia menyebutkan teknologi 5G yang saat ini sedang berkembang. Beberapa negara bahkan sudah mulai mengimplementasikan 5G.

"It's a game changer. Indonesia berencana mengimplementasikan 5G mungkin tiga tahun lagi," ujar dia.

Namun, dalam menerima dan mengimplementasikan sebuah tren teknologi baru, perlu juga memperhatikan dampaknya pada masyarakat, baik secara sosial maupun ekonomi.

"Bisa bayangkan apa yang terjadi dengan 5G, ketika ada di pasar. Machine to machine. Bahkan presiden Jokowi sudah deklarasi industri 4.0, robotik, VR, smart card, smart city, smart home," urai Ade.

"Itu tidak hanya mengubah industri tapi akan mengubah cara kita hidup. Pertanyaannya, apakah kita rela menerima 5G sekarang dengan konsekuensi kita kehilangan pekerjaan," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini