Target Mampu Produksi Baterai Litium, Jokowi Mau RI Jadi Hub Industri Mobil Listrik

Kamis, 28 November 2019 10:51 Reporter : Anggun P. Situmorang
Target Mampu Produksi Baterai Litium, Jokowi Mau RI Jadi Hub Industri Mobil Listrik Jokowi kenalkan staf khusus milenial. ©2019 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan Indonesia mampu memproduksi baterai litium sendiri. Dengan demikian, nantinya Indonesia bisa menjadi hub besar industri mobil listrik.

"Kita ingin dalam 2 sampai 3 tahun turunan nikel bisa ke litium baterai ini strategi bisnis negara sedang kita rancang agar Indonesia bisa jadi hub besar bagi industri mobil elektrik," ujarnya di Kawasan Kuningan, Jakarta, Kamis (28/11).

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan negara kaya yang punya bahan baku sumber daya alam melimpah. Setidaknya hingga kini Indonesia memiliki nikel, kobalt dan mangan untuk dapat diolah.

"Arahnya ke sana karena kita punya nikel, kobalt, mangan dan bahan baku lain yang bisa dipakai oleh industri dalam membangun lithium baterai dan Indonesia punya cadangan nikel terbesar nomor 1 di dunia," jelas Presiden Jokowi.

1 dari 1 halaman

Kirim Menteri Studi Banding ke Negara Maju

Untuk mewujudkan ambisi tersebut, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, sudah mengirim beberapa menteri ke negara maju untuk belajar pengembangan litium. Beberapa negara yang dituju adalah Jerman dan Jepang.

"Strategi ini kita harus pakai untuk membangun industri mobil listrik, kita sudah kirim menteri mendekati industri-industri, besar mobil di Jepang, Jerman dalam rangka kita kembangkan litium," tandasnya.

[bim]

Baca juga:
Dukung Mobil Listrik, Pertamina Geser Bisnis Bangun Pabrik Baterai
Transjakarta akan Pakai 14.000 Bus Listrik di 2030
Pertamina Cari Rekan untuk Produksi Baterai Kendaraan Listrik
Pengusaha Sebut Kendaraan Listrik Masih Berpotensi Cemari Lingkungan
Kadin Sarankan Pemerintah Fokus Sepeda Motor Listrik Lebih Dulu
Genjot Produksi Kendaraan Listrik, Pemerintah Diminta Serius Beri Kemudahan Investasi
BPTJ Targetkan 41 Ribu Transportasi Umum Jabodetabek Pakai Kendaraan Listrik

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini