Tanggapan Menko Darmin Soal Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,2 Persen di 2019

Rabu, 24 April 2019 18:17 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Tanggapan Menko Darmin Soal Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,2 Persen di 2019 Darmin Nasution. ©2018 Istimewa

Merdeka.com - Bank Dunia (World Bank) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 ini bakal berada di kisaran level 5,2 persen. Proyeksi ini lebih tinggi dari capaian pertumbuhan tahun lalu yang berada di angka 5,17 persen.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini masih akan ditopang oleh permintaan dalam negeri yang masih akan meningkat dan konsumsi pemerintah yang diperkirakan akan tetap menguat.

Meskipun demikian investasi diperkirakan akan melambat dibanding 2018. Namun akan tetap kuat pasca pemilihan umum dengan munculnya beberapa investasi baru.

Menanggapi hal ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan bahwa prediksi tersebut, dikeluarkan World Bank dengan pertimbangan ekonomi global yang sedang melambat.

"Dia pasti melihatnya dunia sedang melambat ekonominya, maka perdagangannya juga melambat," kata Darmin saat ditemui, di PKN STAN, Rabu (24/4).

Dia mengatakan, Indonesia tentu dapat menjalankan berbagai untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari proyeksi tersebut. Sebagai informasi, dalam RAPBN tahun 2019, pertumbuhan ekonomi Indonesia dipatok sebesar 5,3 persen.

"Tapi itu kan hitungan rata-ratanya. Kita kan tidak mesti ikut rata-rata," ujar Darmin.

Untuk itu, Pemerintah perlu melakukan berbagai upaya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. "Asal kita melakukan hal-hal lebih dari orang lain," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini