Sewa Kamar Hotel Naik 100 Persen Saat Mati Lampu Massal

Rabu, 7 Agustus 2019 21:24 Reporter : Siti Nur Azzura
Sewa Kamar Hotel Naik 100 Persen Saat Mati Lampu Massal Ilustrasi hotel. ©2012 Shutterstock/pjcross

Merdeka.com - Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Budi Santoso mengatakan hotel-hotel mengalami over booked atau kelebihan sewa kamar saat pemadaman listrik pada Minggu (4/8). Ini disebabkan banyaknya tamu yang memilih hotel untuk menginap karena keadaan di rumah mereka masih mati lampu dan kesulitan air.

"Kami ketiban untung juga sebenarnya, karena permintaan sewa kamar meningkat sampai 100 persen saat listrik padam itu, namun beberapa justru over booked," kata Hariyadi di Jakarta, dikutip Antara, Rabu (7/8).

Meski demikian, karena banyaknya permintaan, ada beberapa kendala di mana pelanggan banyak yang memesan melalui aplikasi penyedia hotel, sedangkan kondisi hotel yang dituju masih off line atau belum bisa melayani melalui jaringan internet karena listrik padam.

Sedangkan, banyak tamu juga yang memesan secara konvensional langsung datang ke hotel, sehingga ada kendala pemesanan ganda. "Beberapa hotel mengalami kendala itu, namun akhirnya bisa juga diselesaikan masing-masing," imbuhnya.

Sebelumnya, kondisi listrik padam massal di wilayah Jabotabek dan sebagian Jawa pada Minggu (4/8) lalu rupanya malah memberikan keuntungan bagi pengusaha eceran (ritel) di pusat perbelanjaan (mall). Hasilnya, secara pendapatan meningkat hingga dua kali lipat.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyatakan, jumlah pengunjung mall pada Minggu kemarin melonjak drastis dari rata-rata harian guna memanfaatkan aliran listrik yang tersedia di sana.

"Dampak lainnya, mall-nya jadi penuh. Semua ngadem ke sini. Ujung-ujungnya sales jadi bagus. Income untuk ritelnya bagus," ujar Ketua Umum DPP APPBI Stefanus Ridwan di Gandaria City Mall, Jakarta, Selasa (6/8).

Oleh karenanya, Ridwan pun memperkirakan, pemasukan bagi pengusaha ritel bisa naik sampai 100 persen. "Beberapa mall bisa naik 50-100 persen. Biasanya sepi bisa jadi wah padet banget," sambungnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini