Pertamina Siapkan 3 Langkah Perubahan Hadapi Era Transformasi Digital

Sabtu, 24 Agustus 2019 19:00 Reporter : Merdeka
Pertamina Siapkan 3 Langkah Perubahan Hadapi Era Transformasi Digital Pertamina. Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) menyatakan akan terus membuka diri terhadap era transformasi digital dan teknologi terbarukan. Sikap itu dinilai penting agar bisnis perusahaan tidak tergerus oleh perkembangan zaman saat ini.

Senior Vice President (SVP) Pertamina, Jeffrey Tjahja Indra, mengatakan 2019 merupakan tahun kedua bagi perseroan dalam melakukan transformasi digital. Untuk itu, dia menambahkan, Pertamina menyiapkan tiga langkah yang disebut sebagai triple transformation.

"Pertama adalah transformasi people atau organisasi. Karena kita tahu, percuma kalau kita punya teknologi kalau orangnya tidak kita persiapkan," ungkap dia di Mercure Hotel Sabang, Jakarta, Sabtu (24/8).

Kedua, yakni melakukan transformasi bisnis. Menurutnya, percuma saja Pertamina bersandar pada Information Teknology (IT) kalau bentuk bisnisnya masih sama. Namun begitu, sambungnya, secara proses bisnis masih akan tetap sama dan tidak berubah.

Langkah ketiga, yakni mendukung kedua point pertama dengan transformasi teknologi. "Untuk itulah maka triple transformation itu kita lebih yakin bahwa transformasi digital Pertamina ini bisa mengubah, bisa memperbaiki, bisa memberikan semangat baru bagi Pertamina," tuturnya.

"Dari sudut pandang people, kami juga harus mau berubah mengadopsi solusi-solusi yang ada di pasaran hari ini. Kami harus bisa membuka diri dan mengadopsi teknologi yang terbaru," dia menambahkan.

Oleh karena itulah Pertamina melalui Pertamina Energy menggelar acara Pertamina Energy Hackathon 2.0, sebuah kompetisi umum bagi para developer Indonesia untuk memecahkan permasalahan dalam industri energi melalui Information and Communication Technologies (ICT) terbaru.

"Ajang Hackathon ini ke meng-address dari tiga-tiganya, dari people, khusus bagi IT, juga hadir orang bisnis di sini, melihat bagaimana orang luar bisa mengusulkan satu ide dan solusi terhadap perbaikan bisnis Pertamina," pungkas dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini