KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Penjualan motor meningkat, kecelakaan lalu lintas tiap 5 menit

Sabtu, 24 Mei 2014 13:25 Reporter : Nurul Julaikah
Pemudik sepeda Motor. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Penjualan sepeda motor di Indonesia terus tumbuh setiap tahunnya. Seiring dengan itu, jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda motor tak kunjung turun.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengungkapkan bahwa kecelakaan di Indonesia terjadi setiap lima menit. Dan, kematian akibat kecelakaan lalu lintas terjadi setiap 20 menit. 

"Untuk itu telah dan sedang dilakukan berbagai upaya untuk menurunkan kecelakaan dan tingkat fatalitasnya melalui program Decade of Action for Road Safety," katanya dalam siaran pers terkait pertemuan International Transport Forum (ITF) Annual Summit 2014 di Leipzig, Jerman, Sabtu (24/5). Pertemuan internasional itu berlangsung selama dua hari, 21-23 Mei 2014.  

Dia mengungkapkan, rasio kepemilikan kendaraan beroda dua di Indonesia saat ini adalah satu sepeda motor untuk empat orang. Ada sejumlah alasan mengapa fenomena tersebut terjadi.

Pertama harga sepeda motor murah dan mudah didapatkan. Kedua, transportasi publik belum termasuk dalam perencanaan tata ruang, sehingga sepeda motor dianggap sebagai alternatif untuk menurunkan kemacetan lalu lintas. Ketiga, Dealer dan institusi finansial memberikan skema kredit yang  terjangkau untuk memiliki sepeda motor.

Terkait itu, menurut Bambang, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Diantaranya, kampanye etika mengendarai sepeda motor, bekerja sama dengan manufaktur sepeda motor untuk mencari terobosan penurunan angka kecelakaan lalu lintas.

Kemudian, sosialisasi safety riding, didukung oleh komunitas sepeda motor dan korporat. Lalu, Meningkatkan partisipasi publik dalam mematuhi aturan tata cara berlalu lintas dan menciptakan sistem transportasi yang aman, nyaman, dan dapat diandalkan. [yud]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.