Pemerintah Siapkan Strategi Kejar Pertumbuhan Ekonomi 5,6 Persen di 2020

Rabu, 24 April 2019 17:33 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pemerintah Siapkan Strategi Kejar Pertumbuhan Ekonomi 5,6 Persen di 2020 investasi. shutterstock

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku optimis bahwa Indonesia sanggup mengejar pertumbuhan ekonomi 5,6 persen pada tahun 2020. Menurutnya, target tersebut tidak terlalu tinggi sehingga pemerintah sudah menyiapkan berbagai langkah untuk dapat mengejar target tersebut.

"Itu bukan soal ketinggian, itu optimis ya. Kalau didukung oleh langkah-langkah yang betul. Kenapa tidak (bisa mencapai 5,6 persen)," katanya saat ditemui, di Kampus PKN STAN, Rabu (24/4).

Namun, salah satu indikator ekonomi yang harus ditingkatkan agar dapat mencapai pertumbuhan 5,6 persen yakni investasi. "Kita tidak perlu konsumsi 6 persen naiknya, cukup 5,1 persen, 5,2 persen. Yang penting investasinya naik," tandas Darmin.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar sidang kabinet paripurna di Istana Bogor. Agenda utamanya adalah pembahasan anggaran dan fokus kerja di 2020.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani usai rapat mengatakan, ada beberapa target yang akan ditetapkan untuk 2020, terutama terkait indikator ekonomi makro. Salah satunya target pertumbuhan ekonomi.

Dalam rapat tersebut, Sri Mulyani mengatakan target pertumbuhan ekonomi yang akan disasar adalah kisaran 5,3-5,6 persen. "Untuk awal ini kita berasumsi pertumbuhan ekonomi akan berkisar 5,3 - 5,6 persen, namun Presiden berharap kita bisa pacu sampai 5,6 persen," kata Sri Mulyani di Istana Bogor, Selasa (23/4). [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini